Legislator DKI: Kembalikan Anak ke Sekolah, Jangan Melulu Urusan Ekonomi

Senin, 01 Juni 2020 - 19:47 WIB
loading...
Legislator DKI: Kembalikan Anak ke Sekolah, Jangan Melulu Urusan Ekonomi
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah diminta untuk segera memastikan pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah . Penutupan sekolah yang terlalu lama dinilai membuat siswa stres.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, mengatakan, pemerintah pusat dan daerah belum punya rencana yang jelas dan tegas mengenai pembukaan sekolah. Padahal siswa saat ini sudah stres. Perkembangan emosional dan sosialnya terganggu.

"Saya pendidik, ikatan batin saya dengan anak-anak rasanya sangat kuat. Tidak tahan rasanya lihat mereka tercabut dari dunianya. Negara harus menyiapkan dunia yang aman buat anak-anak, bukan menggantung, bahkan menjauhkannya," ujar Zita dalam siaran tertulisnya, Senin (1/6/2020). (Baca juga: Sekolah di Jakarta akan Dibuka Bila Sudah Aman dari COVID-19)

Menurut Zita, yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah ketenangan dan kejelasan. Misalnya, apabila kurva kasus positif sudah turun dari 1.000 menjadi 600 kasus, pusat perbelanjaan seharusnya sudah buka. Lalu, ketika turun dari 600 menjadi 300 kasus, sekolah sudah buka.

"Kalau naik lagi, sekolah kita tutup lagi. Jadi, kita punya harapan dan ukuran. Tidak seperti sekarang, digantung. Pemerintah tidak punya rencana jelas, jadi macam-macam orang datang bawa rencana. Menteri ini dan menteri itu simpang siur. Wacana Desember itu bentuk pesimisme orang sama pemerintah. Jangan hanya ekonomi-ekonomi terus," ungkapnya.

Praktisi pendidikan ini mempertanyakan kesiapan kementerian dalam menyiapkan kurikulum belajar online. Selain itu, dia menilai prosedur penyelenggaraan pendidikan New Normal masih belum disampaikan. (Baca juga: DPR Sarankan Kemendikbud Buka Sekolah Secara Bertahap)

"Infrastrukturnya perlu, misalnya wastafel yang jumlahnya memadai. Random test per dua pekan. No adult school selain guru, jadi contact tracing makin jelas. Bikin kurikulum online juga yang bisa jadi panduan. Kalau mau diskusi siapa saja ayuk, saya bisa jelaskan dari A sampai Z. Kalau ini siap, besok juga bisa buka sekolah. Kalau tidak disiapkan, Desember juga masih berisiko," pungkasnya
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)