Fenomena Hujan Es di Depok, BMKG: Kerap Terjadi Pada Transisi Musim

Minggu, 26 September 2021 - 23:40 WIB
loading...
Fenomena Hujan Es di Depok, BMKG: Kerap Terjadi Pada Transisi Musim
BMKG menjelaskan fenomena hujan es di Depok, Jawa Barat pada pekan ini. Fenomena ini memang kerap terjadi dalam masa transisi musim dari kemarau ke penghujan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan fenomena hujan es di Depok, Jawa Barat pada pekan ini. Fenomena ini memang kerap terjadi dalam masa transisi musim dari kemarau ke penghujan.

"(Berlangsung) Sampai memasuki musim hujan. Fenomena tersebut lebih sering terjadi pada periode transisi dari musim kemarau ke hujan," kata BMKG dalam keterangannya, Minggu (26/09/2021).

Menurut BMKG, fenomena hujan es di Depok diprediksi berlangsung hingga Oktober nanti. Fenomena tersebut akan berhenti ketika masuk musim penghujan.

"Potensinya sampai awal bulan Oktober, seiring dengan awal musim yang sudah masuk di daerah tersebut," ujarnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada lantaran hujan es memiliki daya rusak yang tinggi. "Jika ukurannya cukup besar, bisa merusak. Jika menimpa material yang tidak kuat, dapat menimbulkan kerusakan, misalnya pada atap rumah atau tanaman," katanya.

Untuk diketahui, dalam sepekan ini Depok dilanda curah hujan cukup tinggi. Bahkan pada Selasa (21/09/2021) netizen mengungkap fenomena hujan es.

Pada hari ini, hujan disertai angin kencang kembali melanda Kota Depok. Hujan tersebut kembali membuat sejumlah pohon besar tumbang dan menimpa kendaraan.

Informasi yang dibagikan netizen melalui story Instagram @depok.update, memperlihatkan sejumlah dampak yang diakibatkan hujan angin sore tadi. Salah satunya pohon tumbang di Bojong Sari, Jalan Pondok Petir.

Disebutkan, hujan deras turun 3 kali di Kota Depok. Sempat berhenti sekitar setengah jam, hujan deras kembali turun.

Warganet juga melaporkan hujan es turun di Kampung Serab, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, sekitar pukul 16.00 WIB. "Es, ada es! Hujan es," tulis @rahma.

Selain menumbangkan pohon besar, sejumlah plang banner di pinggir jalan terlihat rubuh akibat diterpa hujan deras dan angin kencang. Sebuah mobil juga dilaporkan tertimpa pohon tumbang di kawasan Perumahan Puri Bali, Sawangan, Depok.

Pohon tumbang juga menimpa satu unit mobil di Jalan Raya Kalimulya. Berdasarkan video yang diunggah, mobil yang tertimpa pohon jenis Mitsubishi Pajero.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)