Fenomena Hujan Es di Depok, BMKG: Kerap Terjadi Pada Transisi Musim

loading...
Fenomena Hujan Es di Depok, BMKG: Kerap Terjadi Pada Transisi Musim
BMKG menjelaskan fenomena hujan es di Depok, Jawa Barat pada pekan ini. Fenomena ini memang kerap terjadi dalam masa transisi musim dari kemarau ke penghujan. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan fenomena hujan es di Depok, Jawa Barat pada pekan ini. Fenomena ini memang kerap terjadi dalam masa transisi musim dari kemarau ke penghujan.

"(Berlangsung) Sampai memasuki musim hujan. Fenomena tersebut lebih sering terjadi pada periode transisi dari musim kemarau ke hujan," kata BMKG dalam keterangannya, Minggu (26/09/2021).

Menurut BMKG, fenomena hujan es di Depok diprediksi berlangsung hingga Oktober nanti. Fenomena tersebut akan berhenti ketika masuk musim penghujan.

"Potensinya sampai awal bulan Oktober, seiring dengan awal musim yang sudah masuk di daerah tersebut," ujarnya.



BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada lantaran hujan es memiliki daya rusak yang tinggi. "Jika ukurannya cukup besar, bisa merusak. Jika menimpa material yang tidak kuat, dapat menimbulkan kerusakan, misalnya pada atap rumah atau tanaman," katanya.

Untuk diketahui, dalam sepekan ini Depok dilanda curah hujan cukup tinggi. Bahkan pada Selasa (21/09/2021) netizen mengungkap fenomena hujan es.

Pada hari ini, hujan disertai angin kencang kembali melanda Kota Depok. Hujan tersebut kembali membuat sejumlah pohon besar tumbang dan menimpa kendaraan.

Informasi yang dibagikan netizen melalui story Instagram @depok.update, memperlihatkan sejumlah dampak yang diakibatkan hujan angin sore tadi. Salah satunya pohon tumbang di Bojong Sari, Jalan Pondok Petir.

Disebutkan, hujan deras turun 3 kali di Kota Depok. Sempat berhenti sekitar setengah jam, hujan deras kembali turun.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top