Cegah Banjir, Pemprov DKI Gerebek Lumpur 2 Kali di Jakbar

loading...
Cegah Banjir, Pemprov DKI Gerebek Lumpur 2 Kali di Jakbar
Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) atau dikenal dengan pasukan biru melakukan gerebek lumpur di dua kali wilayah Jakarta Barat (Jakbar). Foto/Instagram @sudinsda
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) atau dikenal dengan pasukan biru melakukan gerebek lumpur di dua kali wilayah Jakarta Barat (Jakbar).

Baca juga: Atasi Banjir Klender, Saluran Air Segera Dibangun di Jalan I Gusti Ngurah Rai

Pertama, gerebek lumpur di Kali Apuran, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng.

"Kegiatan tersebut menggunakan 2 unit alat berat dengan rencana pengerukan sepanjang 900 meter," tulis akun Instagram @sudin_sda dikutip, Sabtu (25/9/2021).



Baca juga: Antisipasi Banjir, Pemkot Jakut Operasikan 3 Waduk Baru sebagai Kolam Retensi

Kemudian, gerebek lumpur di Kali Mookervart Jalan Semanan Raya, Kecamatan Grogol Petamburan. Dalam unggahan tersebut terlihat dua alat berat dan satu unit dump truk untuk mengangkut lumpur.

Gerebek lumpur dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi Pemprov DKI dalam menghadapi musim penghujan dengan memperdalam kali agar berfungsi maksimal.

"Pengerukan sedimentasi lumpur dari dasar kali tersebut guna memperdalam kali sehingga berfungsi maksimal sebagai antisipasi terjadinya luapan air karena kali yang dangkal terlebih saat curah hujan di Jakarta sedang tidak menentu," jelasnya.

"Selain untuk pemeliharaan, pengerukan ini bertujuan menambah daya tampung sekaligus memperlancar aliran air sehingga bisa meminimalisir genangan terutama saat terjadi hujan deras," tutupnya.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top