Pelat Nomor Khusus RF, RFS, RFH, RFP, RFD, RFL, RFU, Apa Keistimewaannya di Jalan?

loading...
Pelat Nomor Khusus RF, RFS, RFH, RFP, RFD, RFL, RFU, Apa Keistimewaannya di Jalan?
Pelat nomor kendaraan khusus seperti RF, RFS, RFH, RFP, RFD, RFL, dan RFU hanya dimiliki seseorang yang bekerja di instansi atau badan tertentu. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
JAKARTA - Anda pastinya sering menemui kendaraan berpelat huruf belakang RF melintas di jalan raya . Pelat nomor khusus seperti RF, RFS, RFH, RFP, RFD, RFL, dan RFU merupakan kendaraan milik seseorang yang bekerja di instansi atau badan tertentu.

Dikutip dari auto2000.co.id, Jumat (24/9/2021), pelat nomor polisi dengan kode RF di bagian belakang dan bukan diawali dengan angka 1 atau 2 serta memiliki dua atau tiga digit angka menandakan instansi tertentu.
Baca juga: Pemalsuan STNK-Pelat Nomor Rahasia untuk Polri dan DPR Bertarif Puluhan Juta Terbongkar

Sebenarnya pelat RF memiliki beberapa variasi. Tiap variasi kode mewakili instansi yang berbeda pula. Umumnya pelat RF ini diikuti satu huruf tambahan. Jadi, total ada tiga digit huruf pada Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus tersebut.

Apa saja variasi pelat nomor kode RF, berikut penjelasannya:



1. RFS merupakan kepanjangan dari Reformasi Sekretariat Negara. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan pejabat sipil negara. Lebih spesifik, kode RFS khusus diperuntukkan bagi pejabat eselon 1 (setingkat Direktur Jenderal di kementerian).
2. RFO, RFH, dan RFQ dikhususkan untuk kendaraan milik pejabat eselon 2 (setingkat Direktur di kementerian). Kode RFH sendiri merupakan kepanjangan dari Reformasi Hukum (kendaraan petinggi departemen pertahanan dan keamanan).
3. RFP merupakan kepanjangan dari Reformasi Polisi. Kode ini dikhususkan untuk pejabat Polri.
4. RFD merupakan kepanjangan dari Reformasi Darat. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan pejabat TNI Angkatan Darat (AD).
5. RFL merupakan kepanjangan dari Reformasi Laut. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan pejabat TNI Angkatan Laut (AL).
6. RFU merupakan kepanjangan dari Reformasi Udara. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan pejabat TNI Angkatan Udara (AU).
Baca juga: Pengendara Mobil Berpelat Nomor Polri Ditangkap, Pelaku Bukan Anggota Polisi

Apa keistimewaan dari pelat khusus tersebut, benarkah kendaraan tersebut wajib diprioritaskan? Pelat RF memang berbeda dari kendaraan pribadi lainnya. Meski demikian, tidak dibenarkan jika kendaraan dengan kode RF mendapatkan perlakuan khusus di jalan.

Hal tersebut sudah diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 Pasal 134 dan 135 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Aturan ini mengatur 7 golongan kendaraan yang bisa mendapatkan prioritas dalam penggunaan jalan. Kendaraan berpelat RF bisa saja mendapatkan prioritas asal kendaraan tersebut memang sedang dalam pengawalan polisi lalu lintas atau voorijder. Jika kendaraan tersebut melaju di jalanan tanpa pengawalan, maka tidak berhak mendapatkan prioritas penggunaan jalan.

Tidak sembarang orang bisa mendapatkan TNKB dengan kode RF. Ketentuan atas kepemilikan kendaraan dengan pelat RF sudah diatur dalam Peraturan Kapolri No 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi STNK dan TNKB Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top