6 Bulan di Laut, Nelayan Muara Angke Akhirnya Divaksin Covid-19

Rabu, 22 September 2021 - 18:26 WIB
loading...
6 Bulan di Laut, Nelayan Muara Angke Akhirnya Divaksin Covid-19
Sejumlah nelayan yang baru bersandar di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, mengikuti serbuan vaksin Covid-19. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Sejumlah nelayan yang baru bersandar di Pelabuhan Muara Angke , Penjaringan, Jakarta Utara, mengikuti serbuan vaksin Covid-19 yang digelar Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta.

Dalam kesempatan itu, para nelayan mengaku sebelumnya memang tidak mau divaksin. Akhirnya memberanikan diri divaksin karena persoalan peraturan.

Seperti yang dirasakan oleh nelayan bernama Yusuf (24). Dirinya mengaku bersedia divaksin karena ingin segera kembali ke kampung halamannya.

"Saya mau pulang kampung harus ada surat vaksin. Kalau sudah ada bukti vaksin enak mau ke mana-mana juga bisa," ucap Yusuf di lokasi, Rabu (22/9/2021).

Yusuf bercerita, dirinya sudah empat bulan berada di tengah laut untuk mencari ikan. Ia pun akan kembali menjalani vaksinasi tahap kedua tiga bulan mendatang.

Hal serupa juga dirasakan oleh nelayan, Arsa Putra (64). Dirinya mengaku baru sempat mengikuti vaksinasi tahap pertama karena baru tiba di daratan setelah enam bulan melaut.

"Biasa-biasa aja enggak ada gejala, ini vaksin pertama. Saya kan hidupnya di laut kadang lima bulan enam bulan baru mendarat," kata Arsa.

Arsa menyebut, selain untuk membekali imun tubuhnya, alasan dirinya ingin divaksin juga karena vaksinasi menjadi syarat terbaru bagi para nelayan untuk mencari ikan di lautan.

"Karena saya pikir bagus juga untuk mencegah penyebaran Covid-19. Lagian sekarang mau berlayar syaratnya juga harus divaksin," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)