Wagub DKI Ariza Pastikan Normalisasi Ciliwung Jalan Terus

loading...
Wagub DKI Ariza Pastikan Normalisasi Ciliwung Jalan Terus
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menuturkan bahwa Pemprov DKI segera merelokasi warga yang tergusur dari bantaran Kali Ciliwung akibat proyek normalisasi sungai. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menuturkan bahwa Pemprov DKI segera merelokasi warga yang tergusur dari bantaran Kali Ciliwung akibat proyek normalisasi sungai. Salah satu tempat yang diperuntukkan yaitu Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

"Nanti (relokasi warga) diatur itu, salah satu menang itu tempatnya Rusun Pasar Rumput," ujar Riza Patria di Jakarta, Senin (20/9/2021). Baca juga: Pemprov DKI Tampung Warga Terdampak Normalisasi Kali Ciliwung di Rusun Pasar Rumput

Dia menjelaskan program normalisasi sungai akan tetap terus berjalan. Menurut pria yang akrab disapa Ariza ini, Pemprov DKI memiliki kewajiban pembebasan lahan, sementara itu Kementerian PUPR melaksanakan pembangunan normalisasi tersebut.

"Ya normalisasi kan jalan terus. Menjadi kewajiban kami untuk pembebasan lahan dan kewajiban PUPR untuk membangun normalisasi dan ini terus berproses," ucapnya.



Jelang memasuki musim penghujan, Ariza mengimbau kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai untuk selalu waspada. "Warga yang ada di bantaran sungai harus siap siaga memasuki musim hujan," ucapya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Rusun Pasar Rumput dapat menampung warga DKI Jakarta yang terdampak normalisasi Ciliwung. Rusun itu diresmikan Presiden pada Senin (20/9/2021) pagi.

"Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir," ungkap Jokowi.

Dia berharap dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu masyarakat memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi. Baca juga: Gawat! Makelar Tanah di Proyek Normalisasi Ciliwung Minta Imbalan 25% ke Warga Cawang

"Keberadaan rusun ini semoga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita," tuturnya.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top