Anies Lepas Kontingen PON Papua, Yakin Jakarta Juara Umum

Rabu, 15 September 2021 - 14:32 WIB
loading...
Anies Lepas Kontingen PON Papua, Yakin Jakarta Juara Umum
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas Kontingen DKI menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, di Balai Kota, Rabu (15/9/2021). Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas Kontingen DKI menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, di Balai Kota, Rabu (15/9/2021). Kontingen yang berangkat terdiri atas atlet, pelatih, serta ofisial.

Total jumlah atlet di DKI Jakarta yang mengikuti 37 cabang olahraga pada PON ke-20 Papua sebanyak 735 orang. Jika ditambahkan dengan para official dan pelatih, jumlah total kontingen yang berangkat ke Papua sebanyak 1.350 orang. PON ke-20 Papua akan berlangsung 2-15 Oktober 2021.



Anies berpesan bahwa semangat untuk merebut kembali juara umum harus dibawa oleh kontingen DKI Jakarta, mengingat pada PON XIX Jabar 2016, tim Ibu Kota hanya meraih peringkat ketiga. Padahal, pada PON sebelumnya di Riau, Jakarta sukses meraih juara umum.

"Kalau kita melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya, kita biasa berada di papan atas, hanya PON 2016 saja kita belum juara umum. Bahkan, pada tahun 2012 kita mampu meraihnya. Insya Allah, pada PON kali ini, kita akan berhasil kembali sebagai juara umum. DKI Jakarta dari 19 kali PON, 11 kali mampu raih juara umum, dan insya Allah, habis ini 12 kali juara umum," ujar Anies.

Anies menyebut persiapan atlet DKI Jakarta sudah sangat matang menghadapi PON Papua, baik dari segi fisik maupun mental. Sehingga, sangat besar harapan disematkan kepada para atlet, agar kembali meraih kejayaan pada PON ke 20 nanti.



"Izinkan saya menyampaikan bahwa ini bukan sekadar harapan dari pemerintah, tapi harapan kebanggaan dari seluruh warga Jakarta. Tolong titipkan di pundak Anda terkait harapan itu. Setiap kali Anda masuk ke laga pertandingan, ingatlah bahwa nama Jakarta dititipkan di pundak Anda, lakukan yang terbaik, berikan sepenuh hati, sepenuh tenaga untuk bisa menang, sekaligus jaga sportivitas, dan menjadi teladan bagi dunia olahraga," pesan Anies.

Anies juga berpesan kepada seluruh atlet DKI Jakarta, bahwa segala kebiasaan hidup disiplin harus dipertahankan. Hal ini akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus pada setiap pertandingan.

Ia juga berharap para atlet bisa mengurangi komunikasi maupun aktivitas yang bisa mengganggu, dan harus meningkatkan konsentrasi pada setiap jadwal pertandingan.

"Dalam hal ini, kalau kita tergeser saja sedikit fokusnya, bisa berdampak kepada prestasi, bisa berdampak kepada semua ikhtiar yang sudah dilakukan. Jadi, saya berharap kepada semua, pastikan fokus dan bisa mendapatkan hasil yang membanggakan," pungkas Anies.

Pelepasan kontingen DKI Jakarta ini turut dihadiri Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, Ketua KONI DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo dan jajaran, Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik, serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Achmad Firdaus. Pelepasan ini juga disaksikan para pemangku kepentingan/stakeholder pendukung secara daring untuk memberikan semangat kepada para atlet yang akan berangkat ke Papua.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)