Minim KIPI, Pemberian Vaksin Pfizer di Tangerang Sasar Ibu Hamil dan Penderita Kanker

Selasa, 31 Agustus 2021 - 12:18 WIB
loading...
Minim KIPI, Pemberian Vaksin Pfizer di Tangerang Sasar Ibu Hamil dan Penderita Kanker
Pemerintah Kabupaten Tangerang mencatat sudah ada 1.600 warga yang menerima vaksin COVID-19 jenis Pfizer, didominasi ibu hamil dan penderita kanker atau komorbid. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Pemerintah Kabupaten Tangerang mencatat sudah ada 1.600 warga yang menerima vaksin COVID-19 jenis Pfizer , didominasi ibu hamil dan penderita kanker atau komorbid. Adapun pemberian vaksin sudah berjalan sejak Rabu 25 Agustus 2021.

"Sejak minggu lalu kita telah melakukan penyuntikkan vaksin Pfizer. Lebih utama pelayanan vaksinasi itu dilakukan di fasilitas kesehatan, mengingat sasaran kita dalam vaksinasi itu lebih kepada ibu hamil, dan penderita kanker atau komorbid," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi, Selasa (31/9/2021).

Hendra kemudian mengungkapkan dari ribuan orang tersebut tercatat sekitar 0,1 persen penerima vaksin mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI dengan gejala umum, seperti demam dan mengalami bengkak di bagian penyuntikkan. (Baca juga; Ingat, Ini Jadwal dan Lokasi Vaksin Pfizer di Jakarta )

"KIPI tentu kita tetap ada laporannya, tapi hanya sedikit, kurang dari 0,1 persen, gejalanya pun umum, tapi ini tidak masalah, karena memang umumnya orang yang ditelah menerima vaksin pun akan mengalami hal tersebut," ujarnya. (Baca juga; Studi: Efek Samping Vaksin Pfizer Pada Anak 12-15 Tahun Cenderung Ringan )

Sebelumnya diketahui bahwa pemerintah Kabupaten Tangerang mendapatkan jatah vaksin pfizer sebanyak 180 ribu dosis, dengan sasaran masyarakat umum. Namun, untuk sementara pemberian vaksin ini akan difokuskan pada ibu hamil dan penderita kanker atau komorbid. Pelayanan pemberian vaksin pfizer pun baru dilakukan di fasilitas kesehatan, dan nantinya akan bertahap dilakukan di sentra vaksinasi yang ada di Kabupaten Tangerang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)