Begini Modus Penipuan Kartu Kredit dengan Memalsukan KTP yang Dibongkar Polisi

Senin, 30 Agustus 2021 - 20:18 WIB
loading...
Begini Modus Penipuan Kartu Kredit dengan Memalsukan KTP yang Dibongkar Polisi
Polisi membongkar penipuan dengan modus pengajuan kartu kredit hasil pemalsuan KTP. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menangkap seorang pelaku penipuan Bank BUMN berinisial ICN alias I. Tersangka menipu hingga ratusan juta dengan modus pengajuan kartu kredit hasil pemalsuan KTP.

"Korbannya adalah bank nasional," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Senin (30/8/2021).
Baca juga: Polisi Buka Pengaduan Korban Penipuan AH yang Catut Nama Presiden dan Mengaku Calon Menkes

Awalnya tersangka menggunakan aplikasi mencari Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP orang lain secara acak. Setelah mendapatkan NIK, pelaku kemudian membuat KTP palsu dan mengajukan pembuatan kartu kredit di BUMN tersebut.

Pelaku cukup berani mengambil risiko. Dia akan berangkat ke daerah tempat pemilik NIK tersebut. "Mengambil NIK ini secara random. Misalnya NIK adanya di Gorontalo, dia akan berangkat ke Gorontalo untuk mengajukan pembuatan kartu kredit di bank sana. Setelah jadi diambil uangnya menggunakan kartu kredit yang ada. Kalau dapatnya di Surabaya, dia berangkat ke Surabaya," ungkap Yusri.
Baca juga: Kenali 5 Modus Ini Agar Tak Menjadi Korban Penipuan Online

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ICN telah menggunakan 15 NIK untuk memalsukan KTP dan mengajukan pembuatan kartu kredit. Aksinya telah berjalan selama 4 tahun hingga tertangkap pada 23 Agustus 2021 di Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Sejak tahun 2017 sampai sekarang sudah lebih dari Rp360 juta dia meraup keuntungan dari penipuan bank tersebut," kata Yusri. ICN dijerat Pasal 378 KUHP dan 263 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)