Pembangunan Jakarta Internasional Stadium Capai 68%, Ini Penampakan Terbarunya

Rabu, 25 Agustus 2021 - 15:00 WIB
loading...
Pembangunan Jakarta Internasional Stadium Capai 68%, Ini Penampakan Terbarunya
Proyek pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengalami sejumlah perkembangan pesat. SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Proyek pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang berada di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara mengalami sejumlah perkembangan pesat di stadium utama.

Project Manager PT Jakpro Arry Wibowo mengatakan bahwa pembangunan stadion yang memiliki tinggi 85 meter, lebar 258 meter, dan panjang 279 meter ini sudah mencapai 68%.

"Untuk (pembangunan) konstruksi sudah berjalan sampai minggu ke-103, sekarang progers akumulatif mencapai 68%," kata Arry saat ditemui di JIS, Rabu (25/8/2021). (Baca juga; Jakpro Yakin Jakarta Internasional Stadium Selesai Oktober 2021 )

Arry menerangkan, saat ini pihaknya sedang dalam pengerjaan akselarasi struktur di stadium utama JIS didominasi pekerja struktur jadi pengecoran, struktur dan lantai.

"Kemudian instalasi precast tribun, karena ini jumlah penonton 82.000 jadi saat ini masih dalam tahap instalasi precast tribun," tuturnya. (Baca juga; 29 Bangunan Liar dan Kafe Tak Jauh dari Stadion JIS Dibongkar Satpol PP )

Arry menambahkan, lapangan utama saat ini sedang fokus dalam tahap pengerjaan. Dari mulai dari pengerukan, instalasi drainase, menaburkan lapisan koral dan lainnya. "Kita berkeinginan Desember ini lapangan utama sudah bisa digunakan," ujar Arry.

Sejumlah fasilitas pendukung lainnya masih dalam tahap pengerjaan pengembang Jakpro. Hal ini terlihat dari dinding stadium yang hampir selesai dikerjakan hingga pagar penyangga dalam tiap tribun.

Selain itu, pengembang juga terlihat sedang melakukan proses pembangunan tempat parkir di sekitar stadium. Adapun dari pantauan, stadium ini yang dirancang dengan modern.

Hal ini terlihat dari atap stadium yang nantinya bisa di buka tutup. Sementara itu untuk sisi tribun, pengembang membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan.

Dari desain dan rancangan yang serba modern ini, Jakarta International Stadium dipastikan menjadi stadion berstandar FIFA dan dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia.

Hal ini terbukti, JIS telah mendapatkan 3 rekor dari MURI yaitu lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat, stadion pertama di Indonesia yang menggunakan sistem atap buka-tutup, dan stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)