UMB Salurkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis dan Pangan bagi Masyarakat

Selasa, 21 April 2020 - 13:46 WIB
loading...
UMB Salurkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis dan Pangan bagi Masyarakat
Satgas Penganggulangan Covid-19 UMB membagikan APD untuk tenaga medis dan bantuan pangan untuk masyarakat.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perang terhadap virus Corona tidak hanya dilakukan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta saja. Lembaga pendidikan pun ikut serta memerangi virus tersebut, seperti yang dilakukan Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta.

Institusi pendidikan ini telah membentuk Satgas Penganggulangan Covid-19 UMB. Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 UMB, Danto Sukmajati mengatakan, pemerintah telah memberlakukan pembatasan aktifitas di luar rumah dan menghindari kerumunan. Melihat upaya pemerintah dalam menangani kasus virus tersebut, UMB sebagai institusi pendidikan juga merasa berperan penting untuk ikut dalam melawan virus Corona.

“Kami telah melakukan berbagai upaya dalam membantu pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19," kata Danto dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Selasa (21/4/2020).

Danto menjelaskan, upaya yang telah dilakukan UMB sangat beragam. Mulai pada sosialisasi bahaya virus Corona yang bekerja sama dengan Puskesmas, melakukan desinfeksi ruangan menggunakan metode cold fogging, menjalin kerja sama yang intensif dengan unit layanan kesehatan terdekat, penyediaan desinfektan tangan disetiap ruangan dan cara penggunaannya serta penyediaan lembar imbauan terkait Corona, melakukan desinfeksi area yang sering kontak dengan tangan manusia.

Selain itu juga dilakukan penundaan sejumlah kunjungan dalam dan luar negeri, penundaan kegiatan seminar dan wisuda, sosialisasi corona pada kantin UMB, penyebaran poster dan spanduk pencegahan virus Corono dan pelaksanaan kuliah online secara menyeluruh.“Satgas Penanggulangan Covid-19 juga mengucurkan bantuan ke berbagai pihak. Terutama tenaga medis berupa peralatan APD di puskemas. Sedangkan warga yang terdampak ekonomi mendapatkan bantuan pangan,” ujarnya.

Seluruh bantuan itu, lanjut Danto, berasal dari sumbangan sivitas kampus UMB yang merasa prihatin dengan wabah. Pengumpulan bantuan dilakukan Satgas Penanggulangan Covid-19 secara berkelanjutan. Distribusinya pun dilakukan secara berkelanjutan dan merata.

Dengan situasi yang masih penuh ketidakpastian, menurut dia memang perlu manajemen distribusi bantuan yang baik. Agar semua pihak mampu melewati masa pandemi Corona ini dengan baik. Sekaligus menumbuhkan solidaritas yang semakin erat.“Tentu kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir. Dan kehidupan kembali lebih baik,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)