RSU Tangsel Akui Lakukan Kelalaian Rekayasa Form Covid-19 Pasien

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 16:08 WIB
loading...
RSU Tangsel Akui Lakukan Kelalaian Rekayasa Form Covid-19 Pasien
RSU Kota Tangsel. Foto: Dok SINDOnews
A A A
TANGERANG SELATAN - RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengakui telah melakukan rekayasa formulir penyelidikan epidemiologi Covid-19 terhadap pasien.

Juru Bicara RSU Kota Tangsel Lasdo mengatakan, pihak rumah sakit menanggapi laporan tersebut ke tim keselamatan pasien rumah sakit dan langsung diselidiki. Hasilnya memang terdapat kelalaian.
Baca juga: Kasus Rekayasa Form Data COVID-19 Pasien, Nakes RSU Tangsel Terancam Sanksi

"Hasil investigasi tim keselamatan pasien sementara memang ada kelalaian petugas pada saat pengisian form PE untuk permintaan pemeriksaan TCM Covid-19," ujarnya, Jumat (20/8/2021).

Waktu itu kondisi pasien hamil 39-40 minggu dengan tanda-tanda kemungkinan perlu dilakukan operasi segera dan perlu diperiksa swab TCM apakah perlu dilakukan secara prosedur Covid-19 atau tidak. "Karena keadaan tertentu di lapangan, petugas yang menganamnesa pasien meminta petugas lain mengisi form PE tersebut karena permintaan untuk pemeriksaan swab TCM Covid 19," jelasnya.
Baca juga: Ruang Perawatan Penuh, Pasien Suspect COVID-19 RSU Tangsel Meninggal Dalam Tenda Darurat

Petugas itu kemudian mengisi kolom check list sesuai kriteria Covid-19. Hal ini merupakan kelalaian fatal di mana pasien tidak Covid-19 serta merta langsung di-Covid-kan. "Petugas tersebut mengisi kolom check list sesuai kriteria Covid-19. Memang terjadi kelalaian pengisian rekam medik, namun tim keselamatan pasien tidak menemukan risiko yang membahayakan pasien," kata Lasdo.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)