Peringati HUT Ke 76 RI, Anies: Jakarta Siap Melindungi Tanpa Melihat KTP

Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:45 WIB
loading...
Peringati HUT Ke 76 RI, Anies: Jakarta Siap Melindungi Tanpa Melihat KTP
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Merayakan HUT Ke 76 RI di tengah pandemi Covid-19 memiliki perjuangan yang berbeda. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, pandemi ini memberikan kepada semua kesempatan meluruskan kembali prioritas bahwa negara hadir untuk melindungi setiap tumpah darah.

"Di Jakarta kita melindungi semua tidak melihat stasus KTP, ekonomi siapapun yang membutuhkan bantuan kesehatan maka negara hadir. Siapa yang membutuhkan vaksinasi, Jakarta siap melakukan vaksinasi. Prinsip yang kita pegang kemanusiaan yang adil dan beradab," tegas Anies saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke 76 RI di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/8/2021).
Baca juga: Anies Ceritakan 76 Tahun Lalu Separuh Warga Jakarta Pernah Berkumpul di Monas

Menurut Anies, ini merupakan tantangan kemanusiaan, pandemi ini bagaimana cermin dengan kaca pembesar sudahlah kita menempatkan prioritas kemanusiaan di atas segalanya.

Ini pembuka semua ruang yang mungkin tertutup, menunjukkan pada seluruh bangsa arah sikap ketika menghadapi tantangan sebesar pandemi ini. "Pandemi sebagai cermin kita diingatkan bahwa keselamatan di atas semua. Pandangan boleh beda latarbelakang, beda sikap tapi dengar keselamatan sesama, maka kita harus bersatu, kolaborasi karena yang kita hadapi tidak membedakan itu," ujarnya.
Baca juga: Anies Jadi Inspektur, Begini Suasana Upacara HUT Ke 76 RI di Balai Kota DKI Jakarta

Seperti dulu kita menghadapi kolonialisme, menghadapi Belanda yang tidak membedakan, kita harus tunjukkan mampu sebagaimana generasi sebelum kita.

Peristiwa 28 Oktober1928 untuk sampai ke 1945 diperlukan waktu 17 tahun. "Bayangkan 17 tahun diperlukan stamina luar biasa untuk berjuang bertahan menghadapi kolonialisme kapan pernah tahu bisa berakhir. Kita baca di buku sejarah 17 tahun singkat, tapi begitu dijalani amat panjang. Hari ini generasi penerus butuh stamina, mereka dulu berhadapan dengan kolonial. Hari ini kita berhadapan dengan masalah yang sama. Stamina, mental, fisik, mari kita tunjukkan republik ini punya pejuang sebagaimana pejuang yang merintis kemerdekaan, karena itu kita tunjukkan 76 tahun kemudian kita mampu melewati ini semua," ungkap Anies.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)