Pangdam Jaya Sidak Gladi Bersih Upacara Peringatan Kemerdekaan di Istana Negara

Minggu, 15 Agustus 2021 - 19:07 WIB
loading...
Pangdam Jaya Sidak Gladi Bersih Upacara Peringatan Kemerdekaan di Istana Negara
Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji melakukan inspeksi mendadak (sidak) gladi bersih upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji melakukan inspeksi mendadak (sidak) gladi bersih upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di halaman Istana Merdeka ,Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Selain itu, Pangdam juga mengecek kesiapan pelaksanaan sidang tahunan MPR RI serta sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 sekaligus pidato pengantar Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2021 oleh Ketua MPR RI, Minggu (15/8/2021). (Baca juga; Ultah ke-53, Kapolda Metro Jaya Dapat Kejutan dari Pangdam Jaya dan Anies Baswedan )

"Dalam pelaksanaan gladi bersih Upacara Penurunan Bendera yang dilaksanakan Pukul 08.00 WIB dan Pengibaran Pukul 10.00 WIB. Ini merupakan gladi bersih untuk mengecek kesiapan demi kelancaran saat pelaksanaan dan menyempurnakan kekurangan," kata Aji dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Portal.

Aji menjelaskan bahwa gladi bersih dilakukan secara terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan dalam mencegah Covid-19. "Gladi bersih yang digelar pada Minggu kali ini diikuti peserta dalam jumlah terbatas guna mencegah penyebaran virus corona. Upacara juga dilakukan dengan mentaati pedoman menjaga jarak sosial dan penggunaan masker guna mencegah penularan virus COVID-19," jelasnya.

Dalam upacara gladi bersih ini Kali ini di Hadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo serta sejumlah pejabat yang bertugas membacakan teks proklamasi, teks pembukaan undang-undang dasar (UUD) 1945, dan teks Pancasila juga terlihat hadir. (Baca juga; Pangdam Jaya Terkesima dengan Banyaknya Pasien Komorbid di Tangerang yang Divaksin Covid )

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, jumlah petugas Paskibraka yang biasanya berjumlah 68 orang, pada upacara tahun ini dengan jumlah terbatas. Pangdam Jaya pada kesempatan itu juga berkenan untuk meninjau kesiapan pelaksanaan Sidang Tahunan di Gedung MPR/DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Pangdam Jaya selaku Dan Gartap-1/Jakarta, dalam kegiatan Upacara pengibaran Bendera di Istana Negara, Pangdam juga bertindak sebagai penasehat terhadap pasukan pengibar Bendera Pusaka pada peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke -76, secara terpusat yang dilaksanakan di Istana Negara dan Kesiapan Pelaksanaan Sidang Tahunan di Gedung MPR/DPR," jelas Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS.

Lebih lanjut, Hadir bersama Pangdam Jaya dalam kegiatan tersebut diantaranya : Asintel Kasdam Jaya, Asops Kasdam Jaya, Kapendam Jaya, Dandim 0501/JP BS, Dan Brigif 1 Mekanis PIK/JS serta BBM sejumlah panitia Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3191 seconds (0.1#10.140)