Pekan Ini, Tenaga Kesehatan di Jakarta Timur Bersiap Terima Booster Vaksin Covid-19

loading...
Pekan Ini, Tenaga Kesehatan di Jakarta Timur Bersiap Terima Booster Vaksin Covid-19
Pemkot Jakarta Timur mempersiapkan penyuntikan dosis penguat atau booster vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
JAKARTA - Pemkot Jakarta Timur mempersiapkan penyuntikan dosis penguat atau booster vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan. Penyuntikan vaksin dosis booster rencana dimulai pada awal pekan Agustus 2021.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Timur, Indra Setiawan mengatakan, pelaksanaan penyuntikan dosis booster segera digelar. Pasalnya, vaksin dosis booster yang dikhususkan bagi tenaga kesehatan sudah diterima.

"Dalam waktu dekat, kayaknya sih minggu ini kita sudah mulai, karena kita sudah ambil (dosis booster) di Dinas Kesehatan. Booster ini menggunakan vaksin Moderna," kata Indra di Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (5/8/2021).

Menurut Indra, dosis booster itu nantinya akan didistribusikan ke 10 Puskesmas di wilayah Jakarta Timur. Melalui penyuntikan dosis booster diharapkan tenaga kesehatan sebagai barisan terdepan dalam penanganan Covid-19 dapat meningkat daya tahan tubuhnya. Baca: Kepgub DKI, Makan di Warteg dan ke Tempat Ibadah Harus Punya Sertifikat Vaksin



"Saat ini kan yang sudah dilakukan (vaksin booster untuk tenaga kesehatan) di RS vertikal, RS-RS Kementerian Kesehatan. Untuk di Jakarta sendiri begitu vaksin sampai ke Sudin kita drop (distribusi) ke Puskesmas," ujarnya.

Indra menuturkan, alur penyuntikan dosis booster bagi para tenaga kesehatan yang akan menerima dilakukan di sarana kesehatan masing-masing di 10 Kecamatan di Jakarta Timur. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, booster vaksin ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko tenaga kesehatan saat bertugas merawat pasien Covid-19.

"Tenaga puskesmas akan melakukan vaksinasi di masing-masing puskesmas kecamatan sesuai saat dia melakukan vaksinasi satu dan dua," tuturnya.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top