Orangtua Berperan Penting Terhadap Pendidikan Anak pada Masa Pandemi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 01:15 WIB
loading...
Orangtua Berperan Penting Terhadap Pendidikan Anak pada Masa Pandemi
BE IAI Al Ghurabaa menggelar webinar parenting bertema Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Masa Pandemi pada Sabtu (31/7/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pendidikan anak selama masa pandemi COVID-19 harus tetap diperhatikan dan mendapat dukungan orangtua . Peran orangtua sangat penting untuk menjaga motivasi anak agar tetap semangat belajar dan beradaptasi dengan kondisi selama pandemi.

“Keberhasilan pendidikan tidak hanya mengandalkan anak, orangtua juga harus terlibat aktif mendampingi anak selama proses belajar di rumah,” kata Rektor IAI Al Ghurabaa Iwan Kurniawan saat webinar parenting bertema “Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Masa Pandemi” pada Sabtu (31/7/2021).

Webinar yang diadakan oleh BEM IAI Al Ghurabaa menghadirkan narasumber Anisah Chairani, MPsi, Psikolog (Psikolog Alo Dokter, Psikolog Treehouse Learning Center, dan Akademisi), Nicky Astria (Fublic Pigure, Orang Tua), dan Laelatul Pathia sebagai moderator. (Baca juga; Pandemi! Pembelajaran Adaptif, Kunci Masa Depan Pendidikan Indonesia )

Dalam webinar parenting ini secara garis besar disimpulkan bahwa ibu adalah pendidik pertama dalam keluarga (Al Ummu Madrasatul Ula). Peran ibu tidak lepas dari dukungan sosok ayah yang juga memiliki tugas mendidik anak. Dalam kondisi pandemi saat ini, orangtua harus tetap mendukung pendidikan anak.

“Kondisi yang dihadapi anak didik dalam kondisi pandemi seperti ini sangat membutuhkan dukungan orangtua sehingga anak mampu beradaptasi dan tetap terjaga motivasinya untuk terus meningkatkan minat belajar,” kata Anisah. (Baca juga; Regenerasi Nakes, Pemerintah Harus Benahi Sistem Pendidikan dan Insentif )

Pandemi COVID-19 telah memberikan gambaran situasi betapa berpengaruhnya teknologi dalam membantu keberlangsungan belajar-mengajar. Namun, teknologi tidak bisa menggantikan peran pendidik karena ada hal yang lebih penting dalam pendidikan, yaitu nilai dan penguasaan bidang keilmuan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)