BPD HIPMI Jaya Salurkan Puluhan Hewan Kurban pada Idul Adha 2021

Selasa, 20 Juli 2021 - 14:09 WIB
loading...
BPD HIPMI Jaya Salurkan Puluhan Hewan Kurban pada Idul Adha 2021
BPD HIPMI DKI Jakarta menyerahkan puluhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (20/7/2021). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Berkat partisipasi aktif dan sumbangsih banyak pihak, segenap keluarga besar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) DKI Jakarta akhirnya berhasil mengumpulkan puluhan hewan kurban pada momen peringatan dan perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di tahun ini.

Sebagian besar hewan kurban yang terkumpul rencananya disalurkan kepada Pemprov DKI Jakarta, sedangkan sebagian yang lain akan disalurkan ke sejumlah masjid di 3 kelurahan sekitaran Jakarta Selatan.
Baca juga: MNC Peduli Serahkan Hewan Kurban kepada Warga Kelurahan Rawa Barat

Keputusan untuk tidak mengadakan penyembelihan dan pemotongan hewan kurban secara mandiri pada tahun ini memang sengaja dilakukan oleh jajaran pengurus BPD HIPMI Jaya dan panitia kurban sebagai upaya mendukung pelaksanaan program pemerintah terkait PPKM Darurat Jawa-Bali yang berlangsung hingga akhir Juli mendatang.

Ketua Umum BPD HIPMI Jaya Sona Maesana menyampaikan langkah strategis itu diambil sebagai wujud nyata kepedulian BPD HIPMI Jaya dalam mendukung sekaligus membantu Pemprov DKI dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang angkanya masih cukup tinggi hingga hari ini.

“Yang jelas kami tidak ingin perayaan Idul Adha tahun ini justru menjadi bumerang dengan terciptanya kluster baru. Karenanya kami mengambil keputusan untuk menyerahkan mayoritas hewan kurban ke Pemprov DKI dan sebagian kecil yang lain disalurkan ke sejumlah masjid di Jakarta Selatan untuk nantinya dipotong dengan standar prokes yang lebih ketat tentunya,” ujar Sona, Selasa (20/7/2021).

Keputusan menyerahkan sebagian besar hewan kurban kepada Pemprov DKI melalui BUMD PD Dharma Jaya dilakukan dengan mempertimbangkan aspek kemanfaatan dan tepat sasaran.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Kurban BPD HIPMI Jaya Haudhi Ramdayuza. Menurutnya, Pemprov DKI telah mengantongi data warga Jakarta yang memang benar-benar layak untuk menjadi penerima hewan kurban, terlebih nantinya daging hewan kurban yang diberikan sudah dalam bentuk olahan makanan.

“Di satu sisi kami meyakini Pemprov DKI sudah memiliki data base warga Jakarta mana saja yang sekiranya memang berhak untuk menerima daging hewan kurban. Di sisi lain kami sangat mendukung program Pemprov DKI yang akan menjadikan hewan kurban yang sudah dipotong untuk diolah menjadi makanan sehingga warga yang menerima bisa langsung mengonsumsi dan mendapatkan manfaatnya,” ungkap Haudhi.
Baca juga: Serahkan Sapi Kurban di RPH Dharma Jaya, Anies: Mohon Pembagian Sesuai Prokes

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat mengapresasi langkah yang diambil BPD HIPMI Jaya. “Saya atas nama Gubernur DKI Jakarta sangat mengapresiasi upaya keluarga besar HIPMI Jaya untuk membantu Pemprov DKI dalam menekan potensi penyebaran Covid-19 di momen perayaan Idul Adha tahun ini. Dengan diserahkannya hewan kurban ke RPH, maka syariatnya terpenuhi, protokol kesehatannya juga tetap dijalankan,” ujar Anies.

Dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H, HIPMI Jaya berhasil menyalurkan 26 hewan kurban meliputi 9 sapi dan 17 kambing. Adapun sebanyak 6 sapi dan 17 kambing diserahkan kepada Pemprov DKI, sedangkan 3 sapi lainnya diserahkan ke 3 kelurahan di sekitaran Sekretariat BPD HIPMI Jaya yakni Kelurahan Selong, Rawa Barat, dan Kuningan Barat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)