TPU di Jabodetabek Nyaris Penuh, Al-Azhar Memorial Garden Siapkan Kavling untuk Jenazah Covid

Kamis, 08 Juli 2021 - 15:03 WIB
loading...
TPU di Jabodetabek Nyaris Penuh, Al-Azhar Memorial Garden Siapkan Kavling untuk Jenazah Covid
Tempat Pemakaman Islam Al Azhar menjadi pilihan bagi keluarga karena menerima pemakaman pasien Covid-19. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Tempat pemakaman di DKI Jakarta dan kawasan sekitar seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, kini sangat terbatas untuk menguburkan jenazah pasien Covid-19 . Hal ini seiring peningkatan tingkat kematian pasien konfirmasi positif dua pekan terakhir.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta dan sekitanya kini nyaris kelebihan kapasitas. Masyarakat yang ingin menguburkan jenazah keluarganya mencari makam-makam yang dikelola swasta, salah satunya Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Karawang.



Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pandemi Covid-19 di Jakarta mengalami gelombang yang sangat tinggi. Melalui akun instagram resminya @arizapatria, Selasa (6/7), Wagub menyampaikan bahwa selama dua pekan terakhir total pemakaman protap Covid-19 di Ibu Kota sebanyak 803 jenazah.

Pemprov melalui akun Instagram @dkijakarta, menyatakan jumlah jenazah saat ini melebihi kapasitas dari kemampuan Dinas Kesehatan, dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, yaitu 150 per hari.

Oleh karena Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang dikelola Pemrov sudah hampir melampaui kapasitasnya, banyak warga mencari pekuburan keluarga dan pemakaman yang dikelola oleh swasta, di antaranya Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden, yang berlokasi di Karawang, tepatnya di pinggir Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

TPU di Jabodetabek Nyaris Penuh, Al-Azhar Memorial Garden Siapkan Kavling untuk Jenazah Covid


Tempat Pemakaman Islam Al Azhar menjadi pilihan bagi keluarga karena menerima pemakaman pasien Covid-19. Sejumlah tokoh, artis selebriti, bahkan diplomat yang wafat akibat Covid-19 dimakamkan di sana. Misalnya, mantan gitaris band GIGI Aria Baron akhir Juni 2021 dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden.

Sedangkan diplomat yang wafat akibat Covid dan dimakamkan di Al-Azhar Memorial Garden adalah Duta Besar RI untuk Sudan merangkap Eritrea Rossalis Rusman Adenan pada 6 April 2021, dan Konjen RI Karachi Totok Prianamto pada 15 Januari 2021.

GM Agency Development Al-Azhar Memorial Garden, Harry Efriyal, mengatakan, pihaknya siap menerima korban Covid-19 untuk dimakamkan selama 24 jam. “Kami membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani pemakaman jenazah korban Covid-19,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)