Pengamat Trisakti Minta PPKM Darurat Harus Konsisten dan Ditaati Semua Orang

Minggu, 04 Juli 2021 - 23:42 WIB
loading...
Pengamat Trisakti Minta PPKM Darurat Harus Konsisten dan Ditaati Semua Orang
Pengamat hukum Universitas Trisakti Radian Syam. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Hukum Universitas Trisakti Radian Syam menilai PPKM Darurat yang kini diterapkan pemerintah pusat harus konsisten dan ditaati semua orang. Hal ini demi menekan penyebaran Covid-19 yang kian masif.

"Yang terpenting dalam aturan ini adalah konsistensi di dalam penegakan hukum dari aturan PPKM Darurat tanpa terkecuali dan wajib dipatuhi oleh semua warga negara," kata Radian dalam siaran persnya, Minggu (4/7/2021).
Baca juga: Anies: PPKM Darurat Bukan untuk Mengosongkan Jalan, Tujuannya Membuat Warga Selamat

Dengan menganut negara kesatuan, maka apa yang dikeluarkan pemerintah pusat wajib dan taat diikuti pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Radian lantas menyebutkan bila bangsa Indonesia wajib gotong royong melawan Corona dengan mematuhi PPKM Darurat dan ini juga harus diikuti oleh para politisi dan pejabat tanpa kecuali.

Dia menyarankan agar menghukum pelanggar siapapun tanpa harus melihat jabatan maupun pangkat serta tak mempolitisasi Covid-19 untuk kepentingan Capres 2024 mendatang.
Baca juga: Anies, Kapolda, dan Pangdam Cek 3 Pos Penyekatan PPKM Darurat, 1001 Alasan Warga Bikin Geleng-geleng

"Dalam hal PPKM Darurat semua pihak harus satu suara mendukung, saya yakin pemerintah pasti sudah mencari solusi dalam mengatasi Covid-19, termasuk juga membatasi keluar masuk orang ke wilayah Indonesia, karena itu pun menjadi hal yang terpenting serta melakukan vaksin," ungkap Radian.

Menurut dia, dengan menaati PPKM Darurat dan patuh sama saja melakukan bela negara dalam penanganan Covid agar cepat selesai. Sekali lagi konsistensi penegakan hukum dalam PPKM Darurat menjadi sangat penting.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)