Agustus 2021, Stasiun Manggarai dan Cikarang Miliki Edge Data Center

Kamis, 01 Juli 2021 - 17:20 WIB
loading...
Agustus 2021, Stasiun Manggarai dan Cikarang Miliki Edge Data Center
Stasiun Manggarai dan Cikarang akan memiliki edge data center pada Agustus 2021. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Stasiun Manggarai dan Cikarang akan memiliki edge data center pada Agustus 2021 mendatang. Hal ini sebagai langkah awal mendukung pemerintah dalam mewujudkan pemerataan ekonomi digital.

Pembangunan edge data center diinisiasi oleh PT Solusi Sinergi Digital Tbk atau Surge. Mengusung konsep edge data center, ribuan data center ini akan berdiri di sejumlah stasiun dan gudang-gudang Koperasi Unit Desa (KUD) yang tersebar di pelosok Pulau Jawa.
Baca juga: Layanan Matrix NAP Info Hadir di DCI Indonesia - EDGE Data Center

Dua lokasi pertama edge data center Surge, yakni Stasiun Manggarai dan Stasiun Cikarang akan mulai beroperasi pada Agustus 2021. Sebagai tahap awal, perseroan menargetkan untuk menghadirkan 580 edge data center hingga akhir 2021.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan, pembangunan infrastruktur ini sejalan dengan agenda akselerasi transformasi digital nasional dari pemerintah yang berfokus pada pembangunan infrastruktur maupun digitalisasi UMKM serta tumbuhnya startup lokal.

Pembangunan infrastruktur ini diharapkan tak hanya dapat mengakomodir potensi konektivitas dan ekonomi digital di kawasan industri, bisnis, dan pemerintahan tetapi juga wilayah tempat tinggal, pelaku usaha UMKM hingga menjangkau masyarakat kalangan menengah ke bawah di kota-kota besar dan kecil Pulau Jawa

"Didukung ekosistem Surge seperti kabel fiber optic berkapasitas besar sepanjang rel kereta api, edge data center Surge akan hadir lebih dekat di tengah masyarakat bahkan menjangkau kota-kota kecil untuk menghadirkan konektivitas dengan kecepatan, kualitas, dan kapasitas tinggi," ujar Hermansjah dalam diskusi webinar, Kamis (1/7/2021).

Perluasan kerja sama fiber optic dengan PT KAI maupun digitalisasi INKUD ini akan mendayagunakan lokasi-lokasi stasiun maupun gudang menjadi edge data center sebagai Point of Presence (POP).

Terdiri dari 580 stasiun dan 1.000 gudang KUD, edge data center Surge akan memiliki dua tipe ukuran yakni 2x3 meter maupun 4x6 meter berisikan ruang data dengan total kapasitas 2-20 rack (rak server) serta kapasitas total daya listrik 100 kWh - 300 kWh.

Pembangunan edge data center klasifikasi Tier 2 ini akan memiliki sumber daya cadangan yang dilengkapi generator backup dan Uninterruptible Power Source (UPS) atau pasokan daya listrik tanpa gangguan.

Selain didukung oleh fiber optik Surge di samping rel kereta api yang sedang dibangun, edge data center ini juga dapat digunakan sebagai Internet Exchange (IX) dengan teknologi Content Delivery Network (CDN).
Baca juga: KRL Mania, Layanan Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Manggarai Ada di Lantai 3
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)