Survei Indomatrik: 3,5 Tahun Pimpin Jakarta, Kinerja Anies-Riza Patria Dinilai Memuaskan

loading...
Survei Indomatrik: 3,5 Tahun Pimpin Jakarta, Kinerja Anies-Riza Patria Dinilai Memuaskan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria dalam memimpin Jakarta mendapat respons positif dari warga Ibu Kota.

Penilaian itu diperoleh dari Lembaga Survei Indomatrik yang merilis hasil survei terkait kekinian Jakarta, yakni Persepsi & Perilaku Publik Terhadap Kinerja dan Kepuasan Pada Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta 2021. Sebagian besar masyarakat menyatakan puas dengan total angka 57,99 persen.
Baca juga: Anies Terlihat Ngotot Jadi Capres 2024, Ketua DPRD DKI Sentil sang Gubernur Pakai Pantun

Bertepatan HUT ke-494 DKI Jakarta, masyarakat Jakarta menyampaikan pesan kepuasannya pada kinerja gubernur. Penilaian publik terhadap kepemimpinan Anies yang telah memasuki 3,5 tahun merasa puas sebesar 57,99 persen. Rincian distribusi persepsi yang mengatakan sangat memuaskan 3,54 persen dan memuaskan 54,45 persen.

“Namun, masih ditemukan juga beberapa pandangan masyarakat, seperti publik yang berpendapat tidak memuaskan sekitar 28,54 persen dan sangat tidak memuaskan 2,65 persen. Selanjutnya, masih terdapat yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab 10,82 persen," ujar Direktur Eksekutif Indomatrik Husin Yazid di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/6/2021).

Survei ini dilakukan menggunakan metode simple random sampling yakni responden terdistribusi secara acak di seluruh Jakarta. Survei digelar pada 9-15 Juni 2021, margin of error sekitar 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan responden yang diambil secara proporsional pada tingkat kecamatan, lalu secara acak di level kelurahan, RW dan RT.
"Jumlah sampel responden yang diwawancara sebanyak 440 responden warga Jakarta. Tersebar secara proporsional di 44 kecamatan, 88 kelurahan yang tersebar di wilayah Jakarta," katanya.

Beberapa indikator yang digunakan meliputi pelayanan kesehatan yang terjangkau masyarakat umum dan penanganan Covid-19, sekolah yang terjangkau masyarakat umum, penciptaan lapangan kerja, penanganan kemacetan lalu lintas.
Baca juga: Wagub DKI Bawa-bawa Nama Ronaldo dan Pogba saat Covid di Jakarta Menggila



Selanjutnya, aspek pembangunan dinilai memuaskan, pembangunan dan perbaikan jalan, penyediaan sarana kelistrikan/penerangan jalan umum, mengatasi masalah kejahatan/kriminal, pemberantasan korupsi di jajaran aparat pemerintah, pengadaan alat transportasi umum.

Penanganan bencana banjir, penyediaan air bersih, penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat umum, pelayanan administrasi untuk warga, penyediaan sarana dan prasarana pariwisata. Termasuk juga penyediaan kebutuhan bahan pokok, ketertiban lingkungan, masalah rob di utara Jakarta, masalah ruang terbuka hijau, masalah kebersihan sungai, hingga masalah pengelolaan sampah.

"Penilaian masyarakat terhadap berbagai pola pembangunan yang telah dan sedang dijalankan rata-rata mendapat penilaian di atas 65 persen," kata Husin.

Survei Indomatrik merekam bahwa mayoritas publik di Jakarta menilai kinerja 3,5 tahun Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies-Riza Patria sebanyak 67,35
persen meyakini di sisa masa jabatannya sekitar 1,5 tahun ke depan mampu membuat Kota Jakarta menjadi lebih baik.
Meski mendapat respons positif, harapan warga terkait penanganan dan pemulihan pandemi Covid-19 menjadi hal yang dinantikan. Selanjutnya persoalan pengangguran, lapangan kerja, penanganan banjir, kemacetan, serta kesejahteraan juga menjadi perhatian warga Jakarta.



"Termasuk juga masalah angkutan umum, biaya pendidikan/sekolah yang terjangkau, serta biaya kesehatan/obat-obatan masih mahal, dan lain-lain," tambahnya.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top