Hari Ini 32 Jenazah Covid-19 Dimakamkan, Begini Penampakan Antrean Mobil Jenazah di Jakarta

loading...
Hari Ini 32 Jenazah Covid-19 Dimakamkan, Begini Penampakan Antrean Mobil Jenazah di Jakarta
Antrean mobil jenazah untuk memakamkan pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara.Foto/SINDOnewa/Yohannes Tobing
JAKARTA - Kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta dan Sekitarnya mulai mengalami peningkatan selama satu pekan ini. Sejumlah tempat isolasi mandiri seperti RSDC Wisma Atlet mulai terisi penuh dengan adanya peningkatan tersebut.

Disisi lain, naiknya kasus Covid-19 juga terlihat dari adanya peningkatan pemakaman khusus pasien Covid-19 . Seperti yang terjadi di tempat pemakaman umum (TPU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Salah satu petugas keamanan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, dalam sehari TPU Rorotan didatangi oleh puluhan jenazah dari sejumlah wilayah DKI Jakarta. "Hari ini saja sudah masuk 32 jenazah, sampai pukul 14.00 WIB," ujar petugas tersebut kepada wartawan di lokasi pada Kamis (17/6/2021).

Menurut petugas tersebut, dalam tiap hari TPU Rorotan didatangi puluhan jenazah."Ada sekitar puluhan kadang 22, kadang 12 pernah sih 7 tapi habis itu naik lagi," tuturnya. Baca: Kapolda Metro Jaya Nyatakan Kondisi Jakarta Sedang Tidak Baik

Bahkan saat ini, lanjut dia, jumlah jenazah yang masuk di TPU Rorotan sudah lebih dari 500. "Sekarang (dari semenjak dibuka) sudah ada sekitar 500-an dan sudah tiga blok," ucapnya.
Hari Ini 32 Jenazah Covid-19 Dimakamkan, Begini Penampakan Antrean Mobil Jenazah di Jakarta


Sementara itu Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih mengatakan, peningkatan TPU Rorotan khusus Covid terjadi setelah Lebaran. "Pelonjakan setelah Lebaran, persisnya lima hari yang lalu telah terjadi pelonjakan itu, yang biasanya paling tinggi 11, nah lima hari yang lalu itu terjadi pelonjakan sampai ada 25 ya," ujarnya.



Dikatakan Elly, saat ini di TPU Rorotan terdata sudah terisi sekitar 518 makam dan ada peningkatan yang cukup tinggi tiap harinya."Terakhir tanggal dua hari yang lalu itu 518, terus perhari kemarin 28 kalau gak salah, perhari ini kalau enggak salah 30 per sore tadi ya," katanya.

Berdasarkan pantauan SINDOnews di lokasi, terlihat sejumlah mobil pembawa jenazah covid-19 sedang parkir untuk mengantri menunggu giliran pemakaman jenazah. Satu persatu jenazah mulai diambil petugas berpakaian APD menuju keliang lahat untuk dikuburkan. Setelah jenazah masuk, sejumlah petugas penggali langsung melakukan penguburan.

Terlihat juga alat berat turut membantu melakukan proses penggalian tanah dan membuat lubang kuburan. Dalam proses pemakaman di lokasi dihadiri sejumlah kerabat dari kejauhan dan tidak boleh mendekat.

Sejumlah warga juga melakukan pemanjatan doa disekitar makam yang sudah dikubur sebelumnya. Meskipun diperbolehkan melayat, namun petugas keamanan melakukan pengawasan dan pembatasan yang cukup ketat.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top