JPO Tanjung Barat, Salah Satu JPO yang Miliki Ornamen Betawi

Jum'at, 04 Juni 2021 - 12:01 WIB
loading...
JPO Tanjung Barat, Salah Satu JPO yang Miliki Ornamen Betawi
Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho saat meninjau flyover Tapal Kuda serta JPO Tanjung Barat.Foto/Tangkapan Layar/IG @binamargadki
A A A
JAKARTA - Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyatakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Tanjung Barat, Jakarta Selatan, merupakan salah satu JPO yang memiliki nuansa budaya Betawi. JPO ini merupakan bagian dari flyover 'Tapal Kuda' Tanjung Barat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho saat meninjau flyover 'Tapal Kuda' serta JPO Tanjung Barat. Pengerjaan Fly Over dan JPO telah selesai pada Kamis (3/6/2021) kemarin.

"Terlihat banyak pengendara yang sudah melalui jalan tersebut. Pembebasan lahan sebagai jalan tembusan di bawah Fly Over yang menuju SPBU juga telah diselesaikan," tutur Hari dalam akun Instagram @binamargadki, Jumat (4/6/2021).

Hari memaparkan bahwa pembangunan JPO Tanjung Barat ini memiliki nuansa budaya Betawi. Hal itu sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal dengan penerapan ornamen Betawi yang diterapkan pada arsitektur JPO sesuai dengan Perda No. 4 Tahun 2015 dan Pergub No. 229 Tahun 2016.

Saat ini diketahui sudah ada beberapa JPO yang dibangun dengan ornamen Betawi diantaranya JPO Pasar Senen, JPO depan Atrium, JPO FO Tanjung Barat, JPO Pasar Minggu, JPO Jelambar, dan JPO Sumarno.

"Rata-rata panjang JPO dengan ornamen Betawi sekitar 40-60 meter dengan lebar 3 meter dan ketinggian 6 sampai dengan 7 meter," ujarnya. Selain itu, Hari mengatakan untuk menunjang aktivitas masyarakat JPO dilengkapi dengan beberapa fitur.

Di antaranya CCTV untuk keamanan, lift untuk mengakomodir orang tua, ibu hamil serta menyusui. Sementara itu, JPO didesain tahan bencana gempa. JPO juga dilengkapi penerangan dengan tata cahaya yang artistik memancatkan keindahan terutama pada malam hari.

"Dengan adanya JPO diharapkan masyarakat akan semakin mudah untuk bermobilitas berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya serta mempunyai pengalaman baru pada saat melintas," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)