2 Bulan Tak Beroperasi, Bus Trans Patriot Koridor I Kembali Mengaspal

Jum'at, 04 Juni 2021 - 07:01 WIB
loading...
2 Bulan Tak Beroperasi, Bus Trans Patriot Koridor I Kembali Mengaspal
Pemkot Bekasi kembali mengoperasikan bus Trans Patriot untuk melayani masyarakat Kota Bekasi setelah sempat berhenti beroperasi pada 21 Maret 2021 lalu.Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Pemkot Bekasi kembali mengoperasikan bus Trans Patriot untuk melayani masyarakat Kota Bekasi setelah sempat berhenti beroperasi pada 21 Maret 2021 lalu. Hanya saja, bus pelat merah tersebut baru melayani Koridor 1 Harapan Indah–Terminal Bekasi.

”Sudah mulai dioperasikan sebanyak sembilan bus untuk koridor 1, belum terlihat antuasiasme masyarakat terhadap moda tranportasi massal ini, padahal bus melayani masyarakat dengan protokol kesehatan sangat ketat, dan aman dari penularan Covid-19,” ungkap Kepala Divisi Trans Patriot, Sindula Gunawangsa, Kamis (3/6/2021).

Menurut dia, untuk koridor 2 dan 3, yakni rute Vida Bantargebang-Summarecon Bekasi dan Wisma Asri-Sumber Arta masih belum bisa beroperasi lantaran masih terkendala dengan pembiayaannya. ”Koridor lain masih dicari alternatif pembiayaannya, karena memang itu kan enggak ada subsidi jadi ya belum bisa jalan dulu sementara, masih dibicarakan,” katanya.

Sindula menjelaskan, bus Transpatriot berhenti beroperasi pada Minggu (21/3/2021) lalu disebabkan karena perubahan badan hukum. Namun kini koridor 1 kembali dioperasikan kembali.

”Setelah selesai semua tahapanya, jadi koridor satu yang baru kita operasikan, koridor lain dalam waktu dekat akan mulai beroperasi juga,” ujarnya.

Pantauan SINDOnews, Bus ini terasa nyaman karena dilengkapi pendingin ruangan (AC), sehingga penumpang tidak akan kepanasan. Soal keamanan, penumpang tidak perlu khawatir karena armada ini dilengkapi empat unit kamera pengawas (CCTV). Dua unit kamera CCTV menyorot ke dalam bus.

Sedangkan dua lagi menyorot ke bagian luar yakni depan dan belakang bus. Armada juga dibekali empat alat pemecah kaca dan sebuah pintu darurat di bagian belakang yang bisa digunakan bila terjadi musibah seperti kebakaran dan kecelakaan. Kemudian di dalam bus terdapat kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan dua tong sampah kecil.

Seperti halnya transportasi kereta Commuter Line, pemerintah daerah juga memberikan kursi prioritas untuk ibu hamil, orang lanjut usia, penyandang disabilitas dan ibu membawa anak. Bahkan ada dua kursi khusus penyandang disabilitas di dekat pintu bus. Namun, animo masyarakat terhadap bus pemecah kemacetan ini masih kurang.

Sebelumnya, Trans Patriot mempunyai rute pertama yaitu, Vida-Sumarecon Bekasi meliputi TP Summarecon-TP Emerald-Stasiun Bekasi-TP Stadion Patriot-TP Stadion 1-TP Ruko Sentra Niaga/BCP-Tol Barat 2-SPBU Shell Serbang Trisakti-Depan Jalan Kemang Pratama-Sebrang Jalan Pungut Rawalumbu-Kampus STISIP Bekasi- Masjid Besar Al Ittihad.

Berlajut ke Pasar Alam Vida-Depan Jalan Pungut Rawalumbu-Sebrang Jalan Kemang Pratama-Depan Trisakti-TP Tol Barat 1 SPBU Total-TP Islamic Center-Ruko Mas Bekasi-TP Stadion 2-Pemkot Bekasi-Stasiun Bekasi (Indomaret)-TP Tabrani. Rute kedua yaitu, Wisma Asri-Sumber Arta meliputi Pertigaan Wisma Asri-Depan Bhayangkara.

Kemudian TP Tabrani-Summarecon-TP Emerald-Stasiun Bekasi-TP Stadion Patriot-TP Stadion 1-TP Ruko Sentra Niaga/BCP-RS Awal Bros-Gunadarma Bekasi-Kota Bintang-Caman Utara. Berlanjut ke Sumber Arta-Caman-Depan Galaxy Pet Shop-Gapura Grand Galaxy City-Depan LIA Galaxy-Grand Metropolitan-Mal Metropolitan Pintu Utara 1-Tol Barat 2-TP.

Tol Barat 1 SPBU Total-TP Islamic Center-Ruko Bekasi Mas-TP Stadion 2-Pemkot Bekasi-Stasiun Bekasi-TP Tabrani-Summarecon-Sebrang Bhayangkara.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)