Jakarta Selatan dan Timur Berpotensi Banjir Hari Ini

Kamis, 03 Juni 2021 - 12:57 WIB
loading...
Jakarta Selatan dan Timur Berpotensi Banjir Hari Ini
BMKG memprakirakan wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi banjir pada Kamis (3/6/2021).Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi banjir pada Kamis (3/6/2021). Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Hal ini berdasarkan hasil analisis data dari Badan Meteorologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, maka perlu diwaspadai potensi Banjir pada 3 Juni 2021 di wilayah sebagai berikut.

Status Waspada Banjir yakni, Aceh: Aceh Selatan; DKI Jakarta: Jakarta Timur, Jakarta Selatan. Jawa Barat; Bogor, Garut, Sukabumi, Ciamis. Serta Jawa Tengah; Cilacap, Banyumas, Brebes.

"Rincian daerah berpotensi banjir dengan status waspada hingga ke level kecamatan pada provinsi diatas selengkapnya dapat dilihat pada: http://bit.ly/DiseminasiPD_3Juni2021," tulis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Instagramnya @BPBDdkijakarta dikutip Kamis (3/6/2021).

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es) yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui link http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir. Informasi terkait Tinggi Muka Air dapat dimonitor melalui http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel/," tulisnya.

"Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112. Laporkan bila ditemukan genangan/ banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana. Selain itu, kami akan membagikan peringatan dini melalui media sosial BPBD DKI Jakarta & Aplikasi JAKI. Selain itu, tetap lakukan protokol kesehatan 5M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, dan Menjauhi kerumunan," lanjut penjelasannya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)