Swab Massal di Sentra Grosir Cikarang, 1 Pedagang Reaktif Covid-19

loading...
Swab Massal di Sentra Grosir Cikarang, 1 Pedagang Reaktif Covid-19
Satgas Penanganan Covid-19 menggelar tes swab massal terhadap 250 pedagang di Sentra Grosir Cikarang (SGC), Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
BEKASI - Satgas Penanganan Covid-19 menggelar tes swab massal terhadap 250 pedagang di Sentra Grosir Cikarang (SGC), Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (27/5/2021). Hasilnya, satu pedagan dinyatakan reaktif covid-19 .

Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Rickson Situmorang mengatakan, tes swab massa ini ini untuk mencegah ledakan kasus covid-19 pasca-mudik Lebaran 2021. Selain di jalur mudik dan arus balik, tes usap dilakukan di sejumlah simpul pertemuan warga di tingkat kecamatan, desa hingga RT dan RW.

Tes usap dilakukan kepada para pedagang, kaki lima, dan pusat perbelanjaan. “Kami melaksanakan kegiatan untuk tes swab antigen gratis kepada karyawan toko, termasuk juga pemilik toko dan pemilik lapak yang ada di pasar SGC Cikarang. Tujuannya untuk melaksanakan tes swab antigen secara massal pasca mudik,” kata Rickson Situmorang pada Kamis (27/5/2021).

Tidak hanya karyawan dan para pedagang, tes usap juga dilakukan kepada para pelayan toko hingga tukang parkir.”Total kami lakukan sebanyak 250 tes, mulai dari karyawan toko, konter, pelayan di toko, termasuk tukang parkir dan tambahan orang-orang yang berdagang di sekitar SGC. Satu orang dinyatakan reaktif Covid-19,” ujarnya. Baca: Andi Tatat: Tidak Ada Kerumunan Masyarakat di RS Ummi, tapi Kerumunan Aparat

Seorang karyawan yang positif itu kemudian dibawa ke puskesmas setempat untuk menjalani tes PCR.”Nantinya kalau misalkan positif, diarahkan ke Hotel Ibis untuk isolasi, namun jika negatif, diarahkan menjalani isolasi mandiri di tempat tinggalnya dan diawasi,” ujarnya.

Rickson menambahkan, kasus di SGC ini menambah jumlah kasus menjadi 70 orang. Jumlah itu didapat dari hasil tes usap massal yang dilakukan seluruh polsek dengan dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.”Sudah ada 70 yang positif, itu dari total 3.000-an orang yang telah di swab,” ucapnya.

(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top