Perayaan Trisuci Waisak, Anies: Bangkitkan Semangat Persatuan

Rabu, 26 Mei 2021 - 14:08 WIB
loading...
Perayaan Trisuci Waisak, Anies: Bangkitkan Semangat Persatuan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sambutan pada perayaan Trisuci Waisak 2565 BE di Jakarta, Rabu (26/5/2021). Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi pemilihan tema dalam perayaan Trisuci Waisak 2565 BE. Adapun perayaan tersebut memiliki tema 'Waisak Membangkitkan Semangat Persatuan Untuk Indonesia Maju.'

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi untuk tema ini. Bagaimana kita membicarakan tentang membangkitkan semangat persatuan. Saya ingin garis bawahi membangkitkan semangat persatuan. Kita adalah bangsa yang beragam," ujar Anies dalam sambutannya, Rabu (26/5/2021).
Baca juga: Peringati Waisak, Ratusan Orang Sembahyang di Vihara Bahtera Bhakti Ancol

Persatuan merupakan hal yang harus diusahakan oleh antarmanusia. Karena itu, dia mengajak pihak-pihak lain juga terus mendorong adanya semangat persatuan. "Yang membedakan dan kita banggakan adalah persatuan Indonesia. Keragaman adalah ciptaan Tuhan, tapi persatuan adalah usaha manusia," ucapnya.

Menurut dia, keberagaman yang ada di Indonesia berbeda dari negara lain. Keberagaman di Indonesia lebih unik karena ditambahkan nilai persatuan.

"Lihatlah India lebih bhineka dari Indonesia, lihatlah Tiongkok lebih bhineka dari Indonesia, bahkan lihatlah Papua Nugini lebih bhineka dari kita lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya, lihatlah Afganistan lebih banyak bahasanya lebih banyak sukunya tapi yang membedakan yang harus kita banggakan dari Indonesia adalah persatuan Indonesia," ungkap Anies.
Baca juga: Hari Raya Waisak, Jokowi: Semoga Kedamaian dan Ketenangan Senantiasa Bersama Kita

Dia juga berharap semangat tersebut dapat diimani oleh seluruh warga negara. Hal ini akan berimbas sampai bagaimana keharmonisan berhubungan lintas agama.

"Jadi kami di Jakarta mengharapkan sekali ikhtiar persatuan ini menjadi ikhtiar bersama. Karena itu ketika mendengar bahwa tema tahun ini adalah membangkitkan semangat persatuan, mari kita sama-sama teruskan," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)