Di Bulan Juni, BPBD DKI Prediksi Jaksel dan Jaktim Berpotensi Longsor

Selasa, 25 Mei 2021 - 17:18 WIB
loading...
Di Bulan Juni, BPBD DKI Prediksi Jaksel dan Jaktim Berpotensi Longsor
Tanah longsor. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah wilayah bantaran sungai di Jakarta berpotensi mengalami longsor apabila mengalami hujan di atas normal. Lurah dan Camat diimbau untuk tetap antisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.

Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun instagram-nya @bpbddkijakarta menejelaskan, prakiraan cuaca wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

Menurut informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di Zona Menengah.

"Pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan," seperti dikutip, Selasa (25/5/2021)

Adapun wilayah potensi gerakan tanah pada Juni 2021 ada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan potensi menengah. Untuk wilayah Jakarta Selatan ada di Kecamatan Cilandak; Jagakarsa; Kebayoran Baru; Kebayoran Lama; Mampang Prapatan; Pancoran; Pasar Minggu dan Pesanggrahan.

Sedangkan untuk Jakarta Timur ada di Kecamatan Kramat Jati dan Pasar Rebo.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)