Sekolah Tatap Muka di Jakarta Hanya Kelas Praktik

Selasa, 18 Mei 2021 - 22:30 WIB
loading...
Sekolah Tatap Muka di Jakarta Hanya Kelas Praktik
Pemprov DKI Jakarta terus mengevaluasi uji coba sekolah tatap muka yang berlangsung sejak 7 April 2021. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta terus mengevaluasi uji coba sekolah tatap muka yang berlangsung sejak 7 April 2021. Hak sehat, hak selamat menjadi prioritas dalam pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, selain assessment dan pelatihan yang dilakukan Dinas Pendidikan, pelaksanaan sekolah tatap muka memerlukan izin orang tua. Untuk itu, orientasi sekolah tatap muka bukan pada jumlah sekolah melainkan hak sehat dan selamat dari pandemi.
Baca juga: 57 Posisi Kepala Sekolah SD dan SMP di Tangerang Selatan Masih Kosong

"Hak sehat, hak selamat menjadi prioritas dengan SKB 4 menteri di mana anak-anak itu ke sekolah mengatur durasi 3-4 jam lalu pelajarannya juga pelajaran esensial," ujar Nahdiana melalui akun Instagram @dkijakarta dikutip, Selasa (18/5/2021).

Saat ini adalah masa transisi yang nanti masuk ke masa kebiasaan baru. Disdik tengah melatih semua di 85 sekolah yang tengah diujicobakan. Menurutnya, ada beberapa pelajaran yang membutuhkan tatap muka dan hanya dilakukan sekali dalam satu minggu. Sementara sisanya tetap dilakukan secara online.

Artinya, pihaknya tetap melakukan pembelajaran campuran dan tetap melayani kelas online. Apalagi masih banyak orang tua yang belum nyaman dengan sekolah tatap muka.
Baca juga: Sekolah Tatap Muka, PDIP Minta Pemerintah Bangun Kepercayaan Publik

"Ada beberapa pelajaran yang butuh tatap muka yang selama ini kita upayakan secara online. Ada praktik-praktik tertentu. Contohnya dengan pelajaran matematika, pelajaran yang praktikum seperti SMK, ada praktik, tata boga, tata busana dan pelajaran lainnya. Kita mempelajari semua, hanya ada yang diprioritaskan selama masa transisi ini adalah memang yang betul-betul tatap muka. Itu pun dimusyawarahkan di sekolah," kata Nahdiana.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)