Kesehatan dan Kebugaran Pemain Futsal Harus Tetap Terjaga

Senin, 17 Mei 2021 - 15:05 WIB
loading...
Kesehatan dan Kebugaran Pemain Futsal Harus Tetap Terjaga
Pelatih Fisik Cosmo FC, Eko Prabowo menyatakan kebugaran dan kesehatan para atlet futsal harus tetap terjaga walau kompetisi belum berlangsung. Foto: mnc media
A A A
JAKARTA - Kebugaran dan kesehatan para atlet futsal harus tetap terjaga walau kompetisi belum berlangsung, dengan melakukan olahraga rutin tiap hari akan bisa mengembalikan stamina dan kebugaran para atlet jika rutin melakukannya.



Berbagai teori olahraga menyebutkan, selain agenda pertandingan yang padat, sejumlah faktor lainnya dapat juga menjadi penyebab kelelahan pada atlet. Pada umumnya, kelelahan seseorang dapat diakibatkan kurangnya asupan karbohidrat, waktu istirahat yang tidak cukup, ataupun dehidrasi.

Lebih lanjut, Pelatih Fisik Cosmo FC, Eko Prabowo atau Coach Eko mengatakan, selain faktor jadwal pertandingan yang ketat, pola hidup, dan pola makan, tingkat kelelahan atlet saat ini dipengaruhi juga oleh kebugaran atlet yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Menurut Eko, atlet tidak boleh mengabaikan latihan kebugaran karena belum ada kepastian jadwal kompetisi. Pandemi ini perlu disikapi dengan pikiran positif agar tidak mengganggu motivasi atlet.

"Karena program latihan resmi dari klub belum dimulai, maka para atlet futsal harus menjaga kondisi tubuhnya tetap fit dan bugar, minimal terjaga kondisi fisik dan mentalnya agar tidak menurun secara drastis," katanya.

Mengacu dari berbagai penelitian terkini, Coach Eko menyarankan agar para atlet menjaga kebugaran dengan konsisten berolahraga selama 150 menit per minggu atau sekitar 30 - 60 menit per sesi sebanyak 3 - 4 kali per minggu.



"Jangan lupa tetap mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)