DLH DKI: Akumulasi Sampah saat Idul Fitri 2021 Meningkat

loading...
DLH DKI: Akumulasi Sampah saat Idul Fitri 2021 Meningkat
Akumulasi sampah warga Jakarta yang dikirim ke TPST Bantargebang saat Idul Fitri 2021 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Akumulasi sampah warga Jakarta yang dikirim ke TPST Bantargebang saat Idul Fitri 2021 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan, pada hari pertama Lebaran sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang mencapai 2.142 ton dengan 405 rit truk sampah.



"Sedangkan pada H-1 total sampah mencapai 8.713 ton dengan 1.580 rit truk sampah," ujarnya, Jumat (14/5/2021).
Baca juga: Tertimpa Bak Truk Sampah, Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Tewas Mengenaskan

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, tonase sampah menurun saat pra dan pasca Lebaran, namun tahun ini terjadi sedikit perubahan karena adanya pengosongan Dipo dan TPS menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pada tahun 2020, H-1 tonase sampah mencapai 6.995 ton dengan 1.299 rit truk sampah dan sampah turun drastis pada hari H-nya dengan tonase hanya 2.195 ton dengan ritase 432 rit.
Baca juga: Puluhan Warga Pondok Aren Tertangkap Buang Sampah di Perbatasan Ciledug

DLH DKI sudah melakukan antisipasi kemungkinan peningkatan tonase tersebut. “Kita siap. Pola dan strategi operasi sudah kita antisipasi,” ucapnya. TPST Bantargebang tempat diprosesnya sampah Jakarta tetap beroperasi pada hari Idul Fitri hingga pukul 04.00 WIB dan buka kembali pada pukul 10.00 WIB.

“Per hari ini dwilling time atau waktu rata-rata truk sampah mengantre, menimbang dan menurunkan sampah di sana hanya 3 jam 47 menit. Ini salah satu indikator pengelolaan TPST Bantargebang tetap normal,” kata Syaripudin.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top