Berbagi Tips Mudik, PP Muhammadiyah Sarankan Ngaku TKA China

loading...
Berbagi Tips Mudik, PP Muhammadiyah Sarankan Ngaku TKA China
Polisi melakukan pemeriksaan dokumen untuk melakukan mudik Lebaran. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Sebuah video pengendara mobil menyebrangi sungai viral di media sosial (medsos) . Video yang diduga pemudik itu, mendapat perhatian dari Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mukti.

Abdul Mukti pun memberikan komentar pada video yang diunggahnya. Bahkan, memberi saran menggelitik kepada para pemudik agar jangan membahayakan dirinya. Baca juga: 26 TKA China Masuk Kendari Saat Pandemi COVID-19, Garda Muda Haluoleo Geruduk Imigrasi



"Kalau mau sedikit cerdik, pemudik tidak perlu lewat sungai seperti itu. Lewat jalur biasa saja. Kalau diberhentikan petugas, cukup bilang: kami TKA dari China. Mungkin akan diizinkan," tulisnya, dikutip dari Instagram @abe_mukti, Senin 10 Mei 2021 sore.

Tulisan bernada sindiran atas fenomena yang tengah terjadi di Indonesia itu, cepat mendapatkan respons dan gelak tawa dari warganet penghuni Instagram.

"Angel prof. Kulit hitam, wajah ndak sipit, petugas ndak bakal percaya," timpal netizen dengan akun @muhajirinyusuf.

"Satire berkelas," timpal netizen lainnya @kurniariz_wanza. Baca juga: TKA China Berjibun, Sudah Sesuai Belum dengan PP 34/2021?

Seperti diketahui, pemerintah melarang warganya untuk mudik Lebaran. Di saat yang bersamaan, ratusan WNA China bebas
masuk ke Indonesia melalui Bandara Soetta secara bergelombang.

Pemerintah beralasan, masuknya para WNA China ke Indonesia itu, telah memenuhi syarat administrasi yang ada dan bukan untuk wisata. Tetapi untuk bekerja di proyek strategis nasional.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top