Takbiran Keliling di Masa COVID-19 Ditiadakan, Polda Metro: PSBB Tidak Kendor

Jum'at, 22 Mei 2020 - 14:03 WIB
loading...
Takbiran Keliling di Masa COVID-19 Ditiadakan, Polda Metro: PSBB Tidak Kendor
Kepala bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri menegaskan bahwa kebijakan pemerintah soal PSBB di Jakarta masih berlaku. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di tengah situasi pandemi Virus Disease Corona (COVID-19) saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengikuti arahan protokol kesehatan dengan tidak menggelar Takbiran keliling di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri menegaskan bahwa kebijakan pemerintah soal PSBB di Jakarta masih berlaku. "Tidak dikendorkan, apa sih PSBB masyarakat sudah harus tahu batasan apa yang tidak boleh dilakukan," ujar Yusri kepada SINDOnews, Jumat (22/5/2020). (Baca juga: Mulai Hari Ini Pengendara Harus Punya SIKM untuk Bermobilitas di Jakarta)

Menurut Yusti, kebijakan soal Takbiran keliling ini sudah sangat jelas. Sebab pemerintah juga telah meniadakan Salat Ied secara berjamaah dan hanya bisa dilakukan di rumah masing masing.

"Itu bukan lagi kultur, makanya semua babinsa di wilayah sudah turun sampaikan ke desa (tidak boleh Takbiran) dan sampai sekarang tidak ada yang mengajukan (menyelenggarakan takbiran)," tegasnya.

Lalu bagaimana jika ada yang memaksa melakukan? Yusri menegaskan jika masih ada tetap melaksanakan maka tiga pilar baik dari pemerintah, babinsa dan bhabinkamtibmas akan datang menindak.

"Kalau tetap ada yang Takbiran kita akan halau mereka semua secara persuasif. Humas akan sampaikan sebaiknya jangan. Jadi beda kalau bubarin," tandasnya. (Baca juga: Gugus Tugas Apresiasi Langkah BPOM Siapkan Laboratorium untuk Uji COVID-19)

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Polda Metro Jaya akan terus menjalankan patroli dan pengawasan PSBB untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. "Kita akan tetap patroli, PSBB kan tetap patroli juga, Tim Satgas COVID-19 juga patroli, Operasi Ketupat juga patroli juga sama," terang Yusri.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)