22 Mobil Travel Gelap Dikandangkan Polres Depok

Senin, 03 Mei 2021 - 13:29 WIB
loading...
22 Mobil Travel Gelap Dikandangkan Polres Depok
Sebanyak 22 mobil travel gelap diamankan karena tidak mengantongi izin trayek. Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Sebanyak 22 mobil travel gelap diamankan karena tidak mengantongi izin trayek. Kendaraan yang disita kebanyakan jenis ELF dan berasal dari luar Kota Depok. Kendaraan tersebut diduga dimiliki oleh pribadi namun digunakan untuk perjalanan mengangkut orang.

Kendaraan yang diamankan kebanyakan dari Bogor, Sumedang, Banten bahkan Jepara, Jawa Tengah. “Soal travel gelap ini sudah jelas ada instruksi pemerintah tahun ini akan ada larangan berkaitan mudik. Menjelang hari raya kami melaksanakan razia travel gelap ini,” kata Kasat Lantas Polrestro Depok AKBP Andi M Indra Waspada, Senin (3/5/2021).

Sesuai aturan di Pasal 173 ayat (1) huruf C maka penyelanggaraan angkutan orang tidak dalam trayek, kemudian tidak memiliki izin penyelenggaraan pengangkutan barang bahwa kendaraan tersebut menyimpang dari izin yang ditentukan.

“Artinya apabila travel tersebut tidak memiliki izin trayek, maka dianggap travel itu travel gelap. Artinya tidak memiliki izin kayak yaitu ada perbedaan antara pelat hitam dan pelat kuning. Yang legal pelat kuning,” tukasnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat khususnya pengguna travel travel jika ingin berpergian ke luar kota sebelum 6 Mei 2021 maka harus menggunakan kendaraan yang sesuai dan memilkki izin trayek. Kendaraan tersebut pun diamakan sementara di Polrestro Depok dan dikenakan tindakan berupa tilang.

Sedangkan sidang baru digelar sehabis Lebaran.“Harapannya untuk memberi efek jera kepada para pengemudi travel gelap supaya tidak mengangkut lagi penumpangnya jelang lebaran,” ucapnya. Kendaraan tersebut melanggar pasal 308 UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ancaman hukumannya pidana kurungan selama dua bulan atau denda Rp 600 ribu. Yaitu setiap orang yang memberikan kendaraan bermotor yang tidak memiliki izin penyelenggaraan angkutan orang dalam trayek.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)