Ketua Umum Jakmania Angkat Bicara soal Kerumunan Konvoi di Bundaran HI

Senin, 26 April 2021 - 15:17 WIB
loading...
Ketua Umum Jakmania Angkat Bicara soal Kerumunan Konvoi di Bundaran HI
Ketua Umum Jakmania Diky Soemarno menyebut tidak ada perintah dalam pergerakan masa Jakmania yang berkumpul di Bundaran HI, dinihari tadi. Foto: IG
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Jakmania Diky Soemarno menyebut tidak ada perintah dalam pergerakan masa Jakmania yang berkumpul di Bundaran HI, dinihari tadi. Menurutnya, hal tersebut dilakukan secara spontan oleh anggota Jakmania untuk merayakan kemenangan Persija Jakarta atas Persib Bandung dalam perebutan Piala Menpora 2021.



Diky menegaskan telah mengimbau kepada anggotanya untuk tidak turun ke jalan merayakan kemenangan Persija Jakarta. Dia juga tidak pernah mengeluarkan ajakan kepada anggota Jakmania untuk merayakan kemenangan Persija Jakarta dengan cara konvoi, seperti yang telah terjadi pada Minggu (25/) malam kemarin. "Kita sudah melakukan imbauan dan arahan untuk tetap berada di rumah," ujarnya.

Terkait puluhan anggotanya yang sempat diamankan pihak polisi, Diky mengatakan akan bersikap kooperatif dan mengikuti proses hukum yang berlaku. Selain itu, dia menyebut akan memberikan sanksi internal kepada anggotanya yang terbukti melakukan pelanggaran, termasuk yang kedapatan membawa ganja di lokasi.

"Ya pasti pemberian sanksi internal. Balik lagi ke aturan yang berlaku. Tergantung seperti apa kesalahannya," ungkap Diky.


Aparat kepolisian pun diketahui tengah menjadwalkan pemanggilan kepada pengurus Jakmania terkait adanya kerumunan tersebut. Namun, hingga saat ini Diky mengaku belum menerima undangan pemeriksaan dari pihak Polda Metro Jaya.

"Belum ada surat panggilan pemeriksaan polisi. Tapi kita komunikasi dan koordinasi kok dengan Polda Metro. Kita ikuti proses hukum saja," terang Diky.

Seperti diketahui, ribuan Jakmania melakukan konvoi hingga menciptakan kerumunan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Minggu (25/4/2021) malam hingga Senin dinihari. Konvoi itu dilakukan menyusul keberhasilan Persija Jakarta menjuarai turnamen Piala Menpora 2021.

Dalam konvoi kemenangan tersebut banyak didapatkan Jakmania yang tidak menaati protokol kesehatan di masa pandemi. Polisi pun bergerak cepat membubarkan kerumunan tersebut.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)