Tidak Ada Kamera ETLE di Lokasi Mobil Mewah Terobos Jalur Bus Transjakarta

Jum'at, 23 April 2021 - 15:56 WIB
loading...
Tidak Ada Kamera ETLE di Lokasi Mobil Mewah Terobos Jalur Bus Transjakarta
Mobil mewah dua pintu berwarna putih terperangkap di jalur Transjakarta (busway) di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (23/4/2021). Foto: IG @jakarta.terkini
A A A
JAKARTA - Lokasi tempat mobil mewah yang menerobos jalur bus Transjakarta di Jalan Sultan Iskandar Muda Gandaria, Jakarta Selatan tidak terpasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) . Sehingga hal tersebut menyulitkan pihak kepolisian melacak kendaraan tersebut.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, lokasi tersebut tidak terpasang kamera ETLE. “Belum terpasang kamera ETLE,” kata Fahri kepada wartawan Jumat (23/4/2021).

Fahri menuturkan, meskipun kesulitan melacak pelat nomor kendaraan mewah tersebut, namun, hal itu tidak menyurutkan kepolisian untuk melacak dan menindak mobil mewah tersebut."Kami masih melakukan pelacakan mobil mewah yang masuk ke jalur bus Transjakarta tersebut," ujarnya.

Fahri menuturkan, untuk pemasangan kamera ETLE sejauh ini baru ada 10 titik kamera yang terpasang di jalur Transjakarta. “Sekarang baru 10 yang dipasang, tapi ke depannya kita harapkan seluruh jalur sudah terpasang,” ujarnya.

Menurutnya, pemasangan kamera ETLE di Jalur bus Transjakarta memang cukup akurat untuk mengurangi penerobos jalur. Awalnya di jalur Transjakarta hanya terpasang di Koridor enam rute Ragunan-Monas tepatnya depan Kantor Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Selain menambah kapasitas, teknologi kamera ETLE ini juga akan diperbaharui.

Mulai 1 Februari 2020, ETLE motor juga berlaku untuk mengawasi pelanggaran yang dilakukan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Pelanggaran lalu lintas pengendara motor yang akan terdeteksi oleh kamera seperti penggunaan ponsel, tak menggunakan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)