Penyebaran Kasus Covid-19 di Bekasi Didominasi Usia Produktif

loading...
Penyebaran Kasus Covid-19 di Bekasi Didominasi Usia Produktif
Masyarakat terapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengklaim warganya yang banyak terpapar Covid-19 kebanyakan kategori usia produktif . Data tersebut sebagaimana pemerintah setempat merekafitulasi jumlah warga yang terpapar Covid-19 sejak tahun lalu hingga April 2021. Hasilnya, usia produktif mendominasiuntuk penyebaarankasusaktifCovid-19.

“Hasil evaluasi kami selama ini terhitungsejak Maret 2020 sampai pada saat ini, usia produktifmenjadi faktor dominan untuk segi penyebaaran Kasus Covid-19 di Kota Bekasi,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Posko Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (21/4/2021).

Rahmat mengatakan, adapun kategori usia produktif tersebut, usia produktif yang terhitung dari usia 20 sampai 29 tahun merupakan usia yang memiliki tingkat penyebaran Kasus Covid-19 tertinggi.

“Dengan tingkat penyebaran kasus Covid-19 melalui usia produktif tersebut mencapai 7.862 kasus,” kata pria yang biasa disapa Pepen ini kepada wartawan. Baca juga: Stres di Masa Pandemi Banyak Diderita Usia Produktif

Kemudianuntuk kategori usia produktif lainnya, bagi usia produktif yang terhitung dari usia 30 sampai 39 tahun juga merupakan usia yang memiliki tingkat penyebaran Kasus Covid-19 tertinggi kedua.Dengan tingkat penyebaran Kasus Covid-19 melalui usia produktif itu mencapai 7.563kasus. “Usia ini juga paling banyak kedua yang terpapar corona,” ucapnya.



Pepen menjelaskan, sedangkan untuk kategori usia lain, seperti usia produktif yang terhitung dari usia 40-49 tahun juga masih memiliki tingkat penyebaran Kasus Covid-19 yang tinggi.Dengan dari tingkat penyebaran Kasus Covid-19 melalui usia produktif itu mencapai 6.589 kasus.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezy Syukrawati mengonfirmasikan bahwa untuk angka penyebaaran Covid-19 di Kota Bekasi masih didominasi oleh usia produktif.

“Ya kalau dilihat dari angka penyebaran Covid-19 secara keseluruhan bagi proses penyebarannya dari usia 19-59 tahun,” ucapnya. Baca juga: Usia Produktif Indonesia 191 Juta Jiwa, BKKBN: Harus Dimanfaatkan bagi Kesejahteraan Penduduk

Kata dia, bagi kategori usia produktif tersebut, merupakan usia yang rentan terpapar Covid-19.Sebab,usia-usia tersebut masih banyak masyarakat yang suka berpergian untuk keluar rumahdan rentan tidak menerapkan protokol Kesehatan. “Untuk itu masyarakat Bekasi diminta untuk tetap menerapkan protokol Kesehatan,” tegasnya.

Adapun datapenyebaaran Kasus Covid-19 di Kota Bekasi melalui kategori usia dari Maret 2020 sampai saat ini :



• usia < 5 Tahun mencapai 2.086 Kasus

• usia 6 - 19 Tahun mencapai 6.184 Kasus

• usia 20 - 29 Tahun mencapai 7.862 Kasus
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top