Pakar: Olahraga Rutin Selama Puasa Dapat Tingkatkan Imunitas

Senin, 19 April 2021 - 13:06 WIB
loading...
Pakar: Olahraga Rutin Selama Puasa Dapat Tingkatkan Imunitas
Olahraga yang dilakukan selama puasa diyakini mampu meningkatkan imunitas seseorang. SINDOnews/dok
A A A
SURABAYA - Menjalani ibadah puasa tetap bisa rutin berolahraga. Rutinitas fisik dalam aktifitas olahraga tetap bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang. Pengaturan jadwal serta asupan gizi yang cukup akan melengkapi.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga Dr. Bambang Purwanto, dr., MKes menuturkan, berolahraga selama Bulan Puasa dapat meningkatkan imunitas tubuh yang terbangun setiap hari.

"Kuncinya ada di pengaturan keseimbangan energi dan aktivitas. Menjalankan puasa dan salat tarawih sebagai aktivitas fisik saja kalau rutin dilakukan 30 hari, imunitas pasti naik,” kata Bambang, Senin (19/4/2021).

Ia melanjutkan, banyak manfaat yang akan didapat ketika berolahraga. Di antaranya seperti mengembalikan keseimbangan metabolisme hingga merawat kesehatan reproduksi.

Jika tepat, katanya, olahraga juga dapat menguatkan jantung. Terutama mengembalikan stabilitas tekanan darah.

Namun, seseorang perlu persiapan yang baik sebelum melakukan aktivitas fisik selama puasa. Salah satunya memerhatikan jumlah asupan nutrisi dan jenis olahraga yang dilakukan.

Sebelum mulai berolahraga, Bambang menegaskan agar memerhatikan keseimbangan antara jumlah asupan nutrisi dengan aktivitas fisik yang akan dijalani. Sebab, tubuh harus tetap memiliki keseimbangan antara apa yang didapat dan dikeluarkan.

“Kalau memang besok misalnya ingin berolahraga, ya malam ini mulai dari buka sampai sahur kalau bisa asupan makan ditambah,” ucapnya.

Bambang menegaskan, pada dasarnya tubuh tidak dapat dipaksa melakukan aktivitas olahraga melebihi energi yang tersedia.

Jika dipaksa, imunitas tubuh terhadap virus, bakteri, jamur, dan patogen penyebab penyakit lainnya cenderung menurun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)