Saat Buka Puasa, Hindari 3 Kombinasi Makanan Ini!

Kamis, 15 April 2021 - 18:05 WIB
loading...
Saat Buka Puasa, Hindari 3 Kombinasi Makanan Ini!
Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Saat berbuka puasa, disarankan untuk menyantap hidangan bercita rasa manis. Porsinya pun sebaiknya dibatasi dan tidak berlebihan.

Seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah hanya memakan tiga kurma saat berbuka puasa. Beliau tahu betul bahwa menyantap makanan berlebihan dalam kondisi perut kosong seharian penuh itu tidak baik.



Dalam dunia medis, ternyata ada juga kombinasi makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir dari laman Food NDTV, Kamis (15/4).

1. Jangan Makan Buah bersama Makanan Berat

Berbuka puasa dengan buah-buahan memang sangat dianjurkan. Apalagi jika pilihan buah yang Anda konsumsi mengandung banyak gula. Tapi, ternyata ada satu hal penting yang harus Anda ketahui sebelumnya. Buah-buahannya ternyata tidak baik jika dikonsumsi berbarengan atau berdekatan dengan makanan 'berat'. Kandungan nutrisi pada buah jika dikombinasikan dengan mineral, lemak, dan protein yang terdapat pada makanan lain, diklaim dapat menghambat pencernaan.

2. Jangan Makan Keju dengan Kacang atau Seafood dengan Jenis Daging Lain

Tubuh manusia diciptakan untuk mencerna satu jenis protein pada satu waktu. Mengonsumsi lebih dari satu bahan makanan berprotein justru dapat memicu komplikasi dalam sistem pencernaan Anda.

3. Hindari Mencampur Makanan Berasa Asam (Citrus) dengan Berbahan Dasar Susu

Asam yang terkandung pada produk susu diklaim bisa mengganggu perut Anda. Selain itu, mencampurkan protein dan pati bersamaan juga dinilai bukan ide yang bagus. Jika Anda berencana langsung menikmati makanan berat saat berbuka (misalnya daging), seimbangkanlah dengan mengonsumsi sayuran segar.



Hal lain yang mesti diingat, jangan terburu-buru saat menyantap makanan. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat berbuka puasa adalah menjaga ritme makan Anda. Jangan terburu-buru. Jika tubuh Anda menerima terlalu banyak makanan secara tiba-tiba setelah kosong selama satu hari penuh, hal itu justru akan menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lain.

Mulailah dengan beberapa buah, yogurt, atau smoothies. Setelah beberapa saat, Anda bisa menikmati hidangan utama. Ini akan memberi waktu pada perut untuk memproses dan memastikan fungsi pencernaan berjalan dengan tepat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)