Cuaca Ekstrem Mengancam, Jakarta Utara Siagakan Puluhan Petugas Antisipasi Pohon Tumbang

loading...
Cuaca Ekstrem Mengancam, Jakarta Utara Siagakan Puluhan Petugas Antisipasi Pohon Tumbang
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhrir, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara menyiagakan puluhan petugas guna melakukan pencegahan dan penanganan pohon tumbang.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara Elly Sugestianingsih mengatakan, puluhan petugas yang disiagakan untuk penopingan sebagai antisipasi pohon tumbang.

Baca juga: Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Hancurkan Billboard Minimarket di Tangsel

“Kami ada 8 tim dan masing-masing tim ada 7 orang personel. Kita juga berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk melakukan pengecekan menggunakan alat agar mengetahui kesehatan pohon tersebut,” ucap Elly saat dikonfirmasi, Kamis (15/4/2021).

Menurut Elly, ada beberapa ciri tertentu yang dapat dilihat apakah pohon tersebut rentan tumbang atau tidak, seperti kondisi batang pohon itu dalam keadaan sudah kering atau tidak.



“Lalu batangnya ada luka atau belong atau tidak, dan juga dilihat kemiringan dari pohon tersebut," tuturnya.

Baca juga: Ditimpa Pohon Tumbang, Mobil Minibus Ringsek di Dekat Kantor BPN Jakbar

Warga juga bisa melapor apabila melihat pohon tumbang ke pihak kecamatan. “Di tingkat kecamatan kita ada tim penopingan juga. Jadi kecamatan apabila mendapat laporan dari warga atau jajaran kecamatan dan kelurahan, bisa langsung menindaklanjuti laporan tersebut,” terangnya.

Elly menambahkan, bahwa faktor cuaca ekstrim menjadi penentu pohon tumbang di beberapa wilayah Jakarta. "Alhamdulillah, kemarin hujan yang terjadi di wilayah Jakarta Utara tidak seekstrim seperti Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur,” tutupnya.
(thm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top