Baznas Bazis Berikan Penghargaan Bagi Kelurahan dan Kecamatan Pencapaian ZIS Terbanyak

Rabu, 14 April 2021 - 06:59 WIB
loading...
Baznas Bazis Berikan Penghargaan Bagi Kelurahan dan Kecamatan Pencapaian ZIS Terbanyak
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar evaluasi dan optimalisasi pencapaian hasil pengumpulan ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) program kerja Baznas Bazis serta pemberian apresiasi kepada petugas operasional tahun 2021. SINDOnews/Komaruddin Bagja
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar evaluasi dan optimalisasi pencapaian hasil pengumpulan ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) program kerja Baznas Bazis serta pemberian apresiasi kepada petugas operasional tahun 2021.

Plt Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Ali Ridho melaporkan adanya peningkatan pencapaian ZIS pada 2019 pengumpulan ZIS sebesar Rp7,3 miliar dan pada 2020 terjadi peningkatan sebesar Rp10,7 miliar. (Baca juga; Fatwa MUI Tegaskan Penyaluran Zakat Harus Perhatikan Prokes Corona )

"Meskipun dalam situasi pandemi tapi kita masih bisa berbuat kebaikan untuk meningkatkan pendapatan ZIS. Saya mengapresiasi kepada seluruh pimpinan wilayah dan petugas operasional yang telah berkerja keras mengumpulkan dana ZIS di tahun 2020. Mudah-mudahan di tahun 2021 bisa lebih mencapai target," katanya, Rabu (14/4/2021).

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan ini merupakan suatu upaya menggali potensi ZIS yang ada di lingkungan masyarakat dan hasilnya diapresiasi dengan baik oleh Baznas Bazis.

"Jika pendapatan pencapaian ZIS meningkat otomatis pendayagunaannya akan meningkat. Apa yang telah dikumpulkan langsung dimanfaatkan dan dapat dirasakan masyarakat," jelasnya. (Baca juga; MUI Keluarkan Fatwa Zakat agar Dimanfaatkan untuk Corona )

Menurutnya, Baznas Bazis merupakan lembaga kemitraan strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka memberdayakan umat. "Saya berharap kecamatan dan kelurahan dapat meningkatkan ZIS, mari berlomba untuk kebaikan," tutur Dhany.

Sementara itu, Lurah Bendungan Hilir (Benhil) Rida Mufrida bersyukur wilayahnya mendapatkan Juara I pengumpulan ZIS terbanyak tahun 2020. Dalam pencapaiannya itu, Rida mempunyai kiat-kiat untuk meningkatkan pencapaian ZIS.

"Setiap apa yang menjadi program Baznas Bazis saya langsung sampaikan kepada RT-RW. Seperti, bedah rumah dan jika pencapaian ZIS meningkat kami juga memberikan apresiasi kepada RT-RW," ungkapnya.

Untuk diketahui, Baznas Bazis menyalurkan bantuan kepada 200 Guru Ngaji, 200 petugas masjid, dan 100 Da'i (penceramah) di delapan Kecamatan di wilayah Jakarta Pusat, mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap di bulan Ramadhan.

Sementara, untuk Satlak Pendidikan JP I Juara I Satlak Kecamatan Johar Baru mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta, dan Juara II Satlak Tanah Abang mendapatkan bantuan sebesar Rp750.000.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)