Gempa Besar Malang, Satu Orang Meninggal Dunia dan Bangunan Rusak

Sabtu, 10 April 2021 - 18:22 WIB
loading...
Gempa Besar Malang, Satu Orang Meninggal Dunia dan Bangunan Rusak
Salah satu kerusakan yang diakibatkan gempa Malang.Foto/Yuswatoro
A A A
SURABAYA - Gempa tektonik berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) terjadi pada Sabtu (10/4/2021), pukul 14.16 WIB di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebutkan kalau gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Namun, gempa tersebut telah memporak-porandakan sejumlah bangunan dan fasilitas umum di sejumlah daerah hingga korban jiwa. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menunjukkan, kerusakan bangunan itu terjadi di Kabupaten Malang. Diantaranya, kantor desa Majangtengah rusak ringan, rumah rusak di Desa Majangtengah (dalam pendataan) dan Puskesmas Kecamatan Bantur.

Baca juga: Janda Sofiah Selamat dari Reruntuhan Rumahnya Saat Terjadi Gempa Malang

Lalu di Kabupaten Lumajang, satu orang meninggal dunia akibat tertimpa bongkahan batu di jalur Lumajang - Malang. Lalu korban luka ringan satu orang. Di Kabupaten Pasuruan, gempa mengakibatkan Masjid Baiturohman di Kecamatan Tutur rusak. Di Kabupaten Trenggalek, kantor kecamatan Durenan rusak ringan, kantor Desa Cakul, Kecamatan Dongko rusak ringan.

Di Kabupaten Gresik, rumah rusak ringan 1 unit. Di Kota Blitar, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar rusak. Di Kota Malang, rumah rusak sedang 1 unit dan rumah rusak berat 2 unit. Di Kota Kediri, Gedung IIK Bhakti Wiyata mengalami rusak ringan.

Baca juga: Adu Cepat Pengunjung Mall Berebut Tangga Berjalan Selamatkan Diri dari Gempa Malang

"Kami terus berkoordinasi dengan 38 Kabupaten dan Kota di Jatim untuk perkembangan terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," kata Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Yanuar Rahmadi.

Data BPBD Jatim menunjukkan, gempa bumi dirasakan di beberapa wilayah Jatim. Dirasakan IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi) antara lain Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Dirasakan IV MMI dan III MMI, Kabupaten Kediri, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Jombang

Dirasakan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Madiun, Ponorogo, Pacitan Kota Batu, Tuban, Nganjuk dan Ngawi.

"Kami berkoordinasi dengan BMKG terkait potensi tsunami maupun adanya gempa susulan. Agen Bencana dan TRC juga menyisir wilayah Kabupaten dan Kota untuk menggali dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," tandas Yanuar
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)