Revitalisasi Pasar Cibitung Hasil Keputusan Pemda dan DPRD

Rabu, 07 April 2021 - 20:14 WIB
loading...
Revitalisasi Pasar Cibitung Hasil Keputusan Pemda dan DPRD
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Citra Prasasti Kosorindo Mochammad Faisol menjelaskan revitalisasi Pasar Induk Cibitung, Kabupaten Bekasi merupakan hasil keputusan pemerintah daerah dan DPRD setempat. Dia menilai setiap orang berhak melakukan audiensi dengan wakil rakyat.

Hal tersebut dikatakan Faisol menanggapi sejumlah pedagang di Pasar Induk Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pedagang Pasar Induk Cibitung (FK-PPIC) mengeluh pungutan belasan juta rupiah menyusul adanya revitalisasi. Para pedagang mengadu ke Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi supaya ada keringanan dan tidak memberatkan beban pedagang.
Baca juga: Wapres: Revitalisasi Pasar Rakyat untuk Pemulihan Ekonomi

Pedagang juga mengaku ada oknum yang memaksa untuk membayar DP sebesar 10 persen. Dia risih dengan pernyataan sejumlah pedagang yang mengaku dipaksa membayar DP.

Faisol meminta sejumlah pedagang itu mengklarifikasi pernyataan terkait pemaksaan bayar DP atau membeberkan siapa yang memaksa dan bagaimana bentuk pemaksaannya.

Dia menuturkan revitalisasi Pasar Induk Cibitung menggunakan skema bangun, guna, serah (BOT), sistem guna serah murni dibiayai swasta. "Kami berhak menjual kepada siapapun, namun dalam hal ini pemerintah dan DPRD merekomendasikan kami untuk mengakomodir pedagang eksisting termasuk dengan harga yang relatif terjangkau. Langkah kami dalam mengakomodir adalah memberikan surat pemberitahuan atau undangan, kemudian pedagang kami minta membayar DP 10% sebagai bukti bahwa mereka ingin melanjutkan atau tidak sampai dengan tiga kali surat undangan," ujar Faisol, Rabu (7/4/2021).
Baca juga: Revitalisasi Pasar Ciputat Dimulai, Relokasi Pedagang Diduga Banyak Permainan

Jika pedagang mengabaikannya, maka dianggap pihaknya tidak melanjutkan. "Kami selaku perusahaan harus mengambil keputusan, bisa mengalihkan hak atau menjual kepada pihak yang bersedia. Sebab, tidak mungkin kami harus mengundang sampai 1.000 kali kerena energi perusahaan kami bukan hanya untuk itu," katanya.

Menurut dia, harga lapak atau kios di Pasar Induk Cibitung paling rendah atau murah dibandingkan pasar induk lainnya. Dia mempersilakan untuk mengecek semua harga kios baru di pasar induk wilayah Jabodetabek.

Faisol mengatakan proses sosialisasi Pasar Induk Cibitung melibatkan banyak pihak, termasuk rukun warga pasar selaku wadah resmi pedagang. Dia membantah adanya pemaksaan. Bagi dirinya, yang tidak mau meneruskan usaha di Pasar Induk Cibitung tidak menjadi soal, namun perlu memberikan pernyataan bahwa tidak melanjutkan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)