Akses Jalan Poros Taipakkodong Gowa Tertutup Tanah Longsor

Jum'at, 02 April 2021 - 14:26 WIB
loading...
Akses Jalan Poros Taipakkodong Gowa Tertutup Tanah Longsor
Jalan poros Taipakkodong, Tompobulu, Gowa, Sulawesi Selatan terputus karena tertutup tanah longsor, Jumat (2/4/2021). Foto/MPI/Herman Kambuan
A A A
GOWA - Akses jalan poros Taipakkodong, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terputus karena tertutup tanah longsor, Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Hujan Deras Melanda Madiun, Tebing Longsor dan Jalur Putus

Longsor berasal dari dinding bukit di pinggir jalan yang tergerus akibat hujan deras disertai dengan angin kencang. Kasubbag Humas Polres Gowa, AKP Tambunan menjelaskan, tingginya curah hujan dan mengakibatkan terjadinya tanah lonsor dan robohnya pohon pinus serta tiang listrik

Baca juga: Hujan Deras, Jalan Nasional Menuju Tapanuli Tertutup Longsor

"Sehingga jalan menjadi tertutup," kata Tambunan kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (2/4/201) siang. Guna memulihkan akses jalan, warga bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Muh Arifin melakukan kerja bakti membersihkan longsor yang menutup jalan.

"Anggota bersama masyarakat menyingkirkan material tanah ke pinggir jalan dengan menggunakan peralatan seadanya seperti cangkul dan skop," jelas Tambunan.

Untuk memindahkan pohon Pinus yang rebah masyarakat sekitar di lokasi kata Budi pihaknya mencari peralatan berupa gergaji mesin. Kemudian seluruh batang pohon dipotong lalu disingkirkan.

"Sekitar pukul 13.00 WITA semua material yang menutupi jalan berhasil disingkirkan dan kini jalan tersebut sudah dapat dilalui oleh pengguna jalan," ungkapnya.

Atas terbukanya akses jalan yang tertutup material tanah dan pohon Kapolres Gowa AKBP Budi menyampaiakan terimakasih.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama masyarakat dan anggota Bhabinkamtibmas serta berharap hal ini dapat dijadikan momentum untuk membangun kerjasama antara Polisi dan masyarakat," katanya.

"Karena tanpa adanya budaya gotong royong maka semua ini sulit untuk dikerjakan seorang diri," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)