Selama Sepekan, KNKT Analisa CVR Sriwijaya Air SJ-182

Rabu, 31 Maret 2021 - 16:11 WIB
loading...
Selama Sepekan, KNKT Analisa CVR Sriwijaya Air SJ-182
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memberikan secara langsung Cockpit Voice Recorder (CVR) Sriwijaya SJ-182 kepada KNKT, Rabu (31/3/2021). SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memberikan secara langsung Cockpit Voice Recorder (CVR) Sriwijaya SJ-182 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) , Rabu (31/3/2021).

Ketua KNKT, Soerjanto Cahyono mengatakan, pihaknya akan membawa CVR ke laboratorium untuk dianalisa atau proses pembacaan data. (Baca juga; Metode Inilah yang Menemukan CVR Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu )

"CVR ini nanti kita kan bawa ke laboratorium dan kita akan proses untuk pembacaan (data)," kata Soerjanto di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/3/2021). (Baca juga; CVR Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Menhub: Investigasi Lebih Mudah )

Soerjanto mengatakan, pembacaan data CVR akan memakan waktu selama 3-7 hari ke depan dan akan dicocokan dengan data flight data recorder (FDR) alias perekam data penerbangan.

"Jadi kita bisa menganalisa kenapa data dari FDR kok seperti ini, dan bagaimana situasi di kokpitnya. Tanpa CVR, memang di dalam kasus Sriwijaya SJ-182 ini akan sangat sulit menentukan penyebabnya," ucap Soerjanto.

Sebelumnya, Petugas gabungan telah mengerahkan kapal pengisap lumpur TSHD King Arthur 8 untuk menemukan bagian black box bagian VCR didasar air yang dipenuhi lumpur di perairan Kepulauan Seribu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2344 seconds (0.1#10.140)