Semangat Nenek 81 Tahun Ikuti Vaksin Lansia Drive Thru di Ciputat

Kamis, 25 Maret 2021 - 22:13 WIB
loading...
Semangat Nenek 81 Tahun Ikuti Vaksin Lansia Drive Thru di Ciputat
Nenek Suryati (81), ikuti vaksin drive thru di RSIA Bunda Citra Ananda, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (25/3/2021). Foto: Hambali/MPI
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) terus mengejar target pemberian vaksinasi Covid-19 . Bahkan dalam prosesnya, terdapat pula sejumlah fasilitas kesehatan swasta yang dilibatkan.

Kelompok rentan yang menjadi perhatian pemerintah dalam pemberian vaksin adalah kelompok lanjut usia (Lansia) . Beberapa fasilitas kesehatan milik pemerintah telah lebih dulu memberikan vaksin, disusul kemudian fasilitas swasta lainnya.

Hari ini, vaksinasi terhadap lansia di atas umur 60 tahun berlangsung di RSIA Bunda Citra Ananda, Ciputat. Salah satu lansia yang akan disuntik vaksin tahap pertama itu adalah nenek Suryati (81). Meski usianya telah udzur, Suryati begitu antusias untuk mendapat suntik vaksin tersebut.

Nenek Suryati nampak ditemani oleh sang cucu, Erika (18). Keduanya datang mengendarai seunit sepeda motor. Tak ada kendala apapun, Suryati nampak santai berbincang dengan cucunya dan sesama lansia yang berada di ruang tenda observasi.

"Tadi Alhamdulillah udah disuntik (vaksin). Berasa sakit dikit saja, enggak terlalu terasa. Abis suntik, sekarang disuruh nunggu dulu kata dokternya," kata Suryati didampingi Erika, Kamis (25/3/2021). Baca juga:Halo Lansia di Depok, Yuk Ikutan Vaksin di Sentra Vaksinasi Drive Thru RSUI

Meski secara fisik tubuhnya telah ringkih, namun kesehatan nenek Suryati nampak terjaga dengan baik. Salah satu obsevator tim medis yang menghampirinya menyebut, bahwa kondisi nenek Suryati normal tanpa menunjukkan gejala perubahan apapun.

"Enggak ada efek apa-apa sih, eyang sehat-sehat saja. Ini masih seger aja," terang Erika. Baca juga:Usai Disuntik Vaksin, Warga Lansia di Jakut Terserang Stroke

Menurut Erika, sejak awal pemberitahuan adanya pemberian vaksin khusus lansia, nenek Suryati berkali-kali memintanya mencari tahu kapan dan di mana pelaksanaan vaksin tersebut.

"Kan sebelumnya ada juga dari fasilitas pemerintah, tapi kuotanya juga kan dibatasi tiap hari. Nah ini baru dapat info dari hari Selasa kemarin, terus hari Rabu nya daftar, dan dapat jadwal hari ini," jelas Erika.

Vaksinasi Lansia kali ini memang sengaja dilakukan dengan pola Drive Thru. Artinya mereka yang telah terdaftar, cukup berada di atas kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil. Selanjutnya pasien menjalani tahapan demi tahapan penyuntikan vaksin.

Dilanjutkan Erika, pola pemberian vaksin dengan Drive Thru lebih nyaman lantaran mereka tak lagi harus duduk antri menumpuk menunggu panggilan. Apalagi, para Lansia sangat rentan untuk terpapar Covid-19 jika berkerumun dalam satu ruangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)