Pangdam Jaya Lantik 130 Siswa Dikmaba TNI AD Otsus dari Kodam XVIII Kasuari

Selasa, 23 Maret 2021 - 12:23 WIB
loading...
Pangdam Jaya Lantik 130 Siswa Dikmaba TNI AD Otsus dari Kodam XVIII Kasuari
Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman melantik 130 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara TNI AD Otsus Tahun 2020 yang dididik di Rindam Jaya sejak 4 November 2020. Foto/MNC Portal/Riezky Maulana
A A A
JAKARTA - Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman melantik 130 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD Otsus (Otonomi Daerah Khusus) Tahun 2020 yang dididik di Rindam Jaya sejak 4 November 2020. Pelantikan dilakukan di lapangan Wira Yudha Rindam Jaya, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021).

Ke-130 siswa tersebut berasal dari wilayah Timur Indonesia tepatnya dari Kodam XVIII/Kasuari, yang secara keseluruhan merupakan putra daerah. Penutupan Pendidikan Dikmaba TNI AD 2020 ditandai dengan pernyataan resmi penutupan pendidikan, penanggalan tanda siswa, penyematan tanda pangkat Serda penyumpahan prajurit serta penyerahan Ijazah kepada prajurit lulusan terbaik.

Pangdam pun mengucapkan selamat atas keberhasilan para prajurit yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dan dilantik menjadi prajurit TNI AD. Dudung mengatakan, prosesi pelantikan tersebut menandai perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AD dan itu memiliki konsekuensi terhadap pola pikir, pola sikap, dan tindak sebagai prajurit.

"Kalian telah diikat oleh aturan hukum dan disiplin militer yang berlaku di lingkungan TNI AD seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan Wajib TNI," kata Pangdam dalam keterangannya. (Baca juga; Pangdam Jaya Perintah Kodam Kawal Proses Hukum Penembakan Anggota TNI di Cengkareng )

Dia pun memberikan lima penekanakan yang perlu diperhatikan oleh para prajurit. Pertama tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga senantiasa mendapat petunjuk dan bimbingannya. (Baca juga; Antisipasi Prajurit Terlibat, Kodam XVIII/Kasuari Amankan Ribuan Miras )

Kedua tegakkan disiplin dan norma keprajuritan dengan berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Ketiga pelihara kesehatan dan kesegaran jasmani serta kebersamaan dan soliditas antara sesama rekan.

"Keempat, jadilah teladan dalam setiap sikap dan tindakan dimanapun kalian berada serta berusahalah menjadi bagian dari penyelesaian masalah bukan menjadi bagian dari masalah. Yang kelima, hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga serta segala hal yang dapat merusak citra TNI Angkatan Darat pada khususnya dan TNI pada umumnya," ujarnya.

Pangdam Jaya turut memberikan penghargaan kepada empat prajurit berprestasi. Pertama Serda Syowi Weyai prestasi yang dicapai terbaik bidang sikap dan perilaku dengan nilai 803.16. Kedua Serda Adam Athur Paisei terbaik bidang pengetahuan dan keterampilan dengan nilai 792.47, Ketiga Serda Brian Rerei terbaik bidang jasmani dengan nilai 778.14 dan yang terakhir Serda Ottow Gesler Aneis Raunsai prestasi terbaik umum.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)