Ini Kronologis Kapal Tenggelam di Teluk Jakarta, Kopaska TNI AL Kirimkan Sekoci untuk Evakuasi

Minggu, 21 Maret 2021 - 18:18 WIB
loading...
Ini Kronologis Kapal Tenggelam di Teluk Jakarta, Kopaska TNI AL Kirimkan Sekoci untuk Evakuasi
Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menjelaskan, kronologis insiden kapal tenggelam yang mengangkut para pemancing berjumlah 16 orang di perairan Teluk Jakarta, Minggu (21/3/2021). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menjelaskan, kronologis insiden kapal tenggelam yang mengangkut para pemancing berjumlah 16 orang di perairan Teluk Jakarta , Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (21/3/2021) siang.

Dia menuturkan, insiden maut tersebut terjadi lantaran kapal menabrak break water di depan Dislambair. Sebelumnya, dikabarkan kapal tersebut mengalami mesin mati. (Baca juga; Kopaska Lakukan Penyelamatan Kapal Tenggelam di Teluk Jakarta, 3 Pemancing Dikabarkan Tewas )

"Pada 21 Maret 2021 pukul 13.00 WIB telah terjadi Laka Laut. Kapal nelayan yang berisi pemancing menabrak break water di depan Dislambair karena mesin mati dan tenggelam," tuturnya ketika dikonfirmasi MNC Media.

Dia menjelaskan, tim Dislambair telah melakukan proses evakuasi menggunakan sekoci. Menurut dia, pantauan cuaca di sekitar lokasi kejadian kurang baik. (Baca juga; Insiden Kapal Tenggelam di Tanjung Priok, 3 Tewas Akibat Tak Bisa Berenang )

Dari 16 orang yang ada di kapal, sebanyak tiga orang dilaporkan meninggal dunia. Sedangkan 13 orang lainnya di tempatkan di KRI Teluk Celukan Bawang yang bersandar di Dermaga Sunda Pondok Dayung.

"Tim Dislambair membantu evakuasi korban menggunakan sekoci karet karena cuaca bergelombang cukup tinggi," ungkapnya. (Baca juga; 3 Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Tanjung Priok Dibawa ke RSCM )

Sementara itu, Dankima Satkopaska 1, Mayor Laut (P) Edi Tirtayasa juga membenarkan peristiwa itu. “Benar, penyelamatan dilakukan tim dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmada 1," ujarnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2468 seconds (10.101#12.26)