Cegah Banjir, Sudin SDA Jakarta Utara Bangun Waduk di Cilincing

Senin, 08 Maret 2021 - 12:31 WIB
loading...
Cegah Banjir, Sudin SDA Jakarta Utara Bangun Waduk di Cilincing
Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara membangun waduk Kampung Sawah di kawasan Cilincing, Foto/Ist/Tangkapan Layar Instagram @dinas_sda
A A A
JAKARTA - Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara membangun waduk Kampung Sawah di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, untuk mencegah banjir di pesisir utara Jakarta.

Dalam postingan akun instagram @dinas_sda, Sabtu (5/3/2021), disebutkan pembangunan waduk Kampung Sawah untuk menampung debit air darii kali agar tak meluap. (Baca juga; Unggah Progres Pembangunan Waduk di Jakarta Timur, Warganet Sebut Anies Erdogan Indonesia )

“Pembuatan waduk atau penampungan air diharapkan dapat mengurangi luapan kali di kawasan tersebut akibat curah hujan tinggi,” keterangan dalam posting tersebut. (Baca juga; Langkah Kongkret Anies Atasi Banjir, Pantau Curah Hujan hingga Keruk Waduk )

Dalam postingan tersebut terlihat sejumlah alat berat, seperti eskavator, melakukan pengerukan lumpur di kawasan itu. Sejumlah alat berat lain juga dikerahkan untuk pembangunan waduk.

Belum tahu pasti apakah pembangunan waduk ini membuat sejumlah pemukiman warga disana di relokasi tidak. Begitu juga detail luas lahan di kawasan itu dan kapasitas waduk menampung air.

Diketahui kawasan Cilincing menjadi satu lokasi yang kerap tergenang. Tanpa hujan dan rob, kawasan di sana seringkali digenangi air. Selain tak ada lokasi penampungan air, kondisi saluran air di sana cukup buruk.

Padahal wilayah Cilincing merupakan satu lokasi perekonomian Negara dan Jakarta. Selain terdapat gudang, terdapat pula kawasan industri KBN, dan pelabuhan yang menjadi gerbang masuk barang di Indonesia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)