Mengatasi Sakit Kepala Usai Divaksin Covid-19 dengan Jahe

Minggu, 07 Maret 2021 - 11:38 WIB
loading...
Mengatasi Sakit Kepala Usai Divaksin Covid-19 dengan Jahe
Sakit kepala usai divaksin Covid19 bisa diredakan dengan konsumsi jahe. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 sedang berlangsng di Indonesia. Sejauh ni belum ada efek samping serius dari vaksinasi tersebut. Salah satu efek samping yang biasa ditemui setelah seseorang divaksinasi adalah pusing atau sakit kepala . Disertai gejala lain seperti demam atau menggigil, terkadang Anda merasa sedang melawan infeksi ringan. Tapi apa yang membuat sakit kepala menjadi efek samping vaksin yang menonjol? Apakah ada cara untuk mengatasinya?

Melansir Times of India, jika Anda baru saja menerima dosis vaksin Covid-19 dan kebetulan mengalami sakit kepala, ingatlah bahwa itu bukanlah alasan untuk dikhawatirkan.

Nyatanya, sakit kepala adalah salah satu efek samping vaksin yang umum terlihat dan tercatat dan telah terdaftar di lembar fakta vaksin juga. Sama seperti efek samping lainnya, sakit kepala juga merupakan tanda efek samping reaktogenik ringan yang terasa seperti tubuh meniru infeksi virus.

Baca Juga : Ini Macam-Macam Vitamin yang Dibutuhkan Setiap Wanita

Vaksin mendorong sistem kekebalan untuk memberikan respons yang bersemangat dengan mengajarkannya untuk melawan penyakit di masa depan. Ini, pada gilirannya, dilakukan ketika virus menipu sistem kekebalan untuk mengira ada patogen di dalam, dan meniru beberapa gejala, seperti sakit kepala.

Dalam beberapa varian vaksin yang mengandung strain virus yang hidup atau lemah, mengalami efek samping sementara, termasuk sakit kepala menjadi lebih umum.

Menurut para ahli dan orang yang telah menerima dosis vaksin, kemungkinan timbulnya sakit kepala paling tinggi setelah dosis vaksin kedua.

Baca Juga : Ini Pentingnya Membaca Informasi Nilai Gizi pada Label Kemasan

Ini terutama karena antibodi, yang dihasilkan setelah dosis pertama meningkatkan respons terhadap injeksi vaksin kedua, membuat Anda mengalami reaksi yang lebih kuat daripada sebelumnya.

Meskipun biasanya ringan, bagi sebagian orang, sakit kepala bisa terasa cukup mengganggu. Oleh karena itu, bersiaplah dan jangan banyak beraktivitas jika waktu vaksinasi akan segera tiba. Ini dilakukan untuk memberi tubuh Anda istirahat yang dibutuhkannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)